Kamis, 05 Januari 2012

Trend tayangan TV di Tahun 2012

Tentunya menarik jika membahas tayangan apa saja yang akan booming di tahun 2012 ini. Terlebih lagi jika membahas mengenai strategi stasiun-stasiun tv swasta yang ada di nusantara ini. Jika becermin di tahun 2011 yang lalu, tayangan dokumentary semisal On The Spot sukses membuat banyak pengekornya semisal Top , Hot Spot, Woow, Spotlite, Give Me  dan masih banyak lagi. Selain itu  ada pula Tutur Tinular yang  bermain di genre Sinetron Laga yang  ternyata mampu membawanya ke tahta tingkat tertinggi rating. Jangan lupakan juga jika tahun 2011 kemarin menjadi tahunnya kartun slapstick semisal Shaun The Sheep, The Owl, Larva, Monk The Little Dog, Bernard bear, Oscar's Oasis. Tayangan kompetisi memasak semisal Masterchef Indonesia juga mengukir prestasi sendiri, padahal tayangan ini tidak tayang di jam primetime. Sementara pemain lama seperti Opera Van Java dan sinetron milik sinemart masih mendominasi.
Ketika baru memasuki awal tahun 2012 ini, tak ada perubahan yang terlalu signifikan dari sisi rating, tayangan-tayangan yang sudah disebutkan di atas masih mendominasi rating. Lantas bagaimana strategi berbagai stasiun tv swasta yang ada saat ini? Simak analisa kami berikut ini.

INDOSIAR
Setelah sempat kebingungan mencari formula yang tepat untuk berbagai komposisi programnya, Indosiar mulai menemui titik cerah untuk membuat program yang menarik perhatian penonton. Masih setia dengan drama asianya, Indosiar siap menggebrak dengan berbagai drama asia populer di tahun 2012 ini lagi, setelah di tahun 2011 sempat sukses dengan berbagai drama asianya, di tahun ini saja indosiar sudah menayangkan drama korea 49 Days. Berbagai daftar upcoming drama asianya saja sudah wara-wiri menghiasi promo iklannya Indosiar seperti City Hunter, Miss Ripley, Lie to Me, Thorn Birds, Baby Faced Beauty. Selain drama asianya, Indosiar nampaknya akan tetap setia pada produksi gentabuana, terlebih lagi sukes yang di raih oleh Tutur Tinular versi 2011 dan ftv paginya Indosiar. Sepertinya musik korea juga akan dilirik oleh Indosiar, program semisal Music Bank masih tayang dan ditambah lagi ajang pencarian bakat 'Galaxy Superstar' yang berhadiah  bulan training di Korea.

ANTV
MENGAWALI tahun 2012, stasiun ANTV hadir dengan sederet program terbaru.
antv-logoTak kalah dengan stasiun lain, ANTV kali ini menghadirkan suguhan program yang lebih variatif. Dalam rilisnya, tercantum lima program hiburan yang sudah dapat dinikmati pemirsa ANTV mulai awal tahun ini.
CHIBI CHIBI BURGER (Setiap Rabu - 19.00 WIB)
Program Reality show petualangan yang dibintangi oleh girl band “Cherrybelle” ini akan menghibur pemirsa dengan keceriaan dan kelucuan dari masing-masing anggotanya. Anggota Cherrybelle akan berpertualang dan diberikan tantangan pada setiap episodenya, seperti merawat orang utan, hingga membantu upacara kematian di Toraja. Program berdurasi 60 menit ini akan dikemas dengan gaya semi dokumenter dan dilengkapi testimony dari para anggota Cherrybelle mengenai tantangan yang diberikan.
TRIX (Setiap Selasa - 21.00 WIB)
Program reality show yang dikemas dalam bentuk sulap profesional, dengan trik trik yang mengejutkan, yang menghasilkan histeria dari orang yang dikerjai. Tim TRIX  -yang terdiri dari pesulap-pesulap muda bertalenta – melakukan briefing, koordinasi dan blocking trik sulap sebelum melakukan eksekusi dengan target “korban” masyarakat umum. Korban akan diarahkan agar menyaksikan trik-trik yang telah disapkan, seperti kepala “putus”, tangan “terpotong” , atau bahkan perut “terbelah”.
KISAH DARI LANGIT (Setiap Kamis & Jumat - 20.00 WIB)
Kisah Dari Langit adalah program sketsa komedi yang berisi tentang cerita lucu anak-anak dalam belajar ilmu pengetahuan, agama dan nilai kehidupan. Kepolosan mereka dalam memaknai segala pelajaran ataupun pengetahuan yang didapat akan memancing reaksi dan atraksi yang konyol, kocak dan membuat siapa pun tertawa terbahak – bahak.
TRIANGELS (Setiap Rabu - 22.30 WIB)
Program talkshow komedi ini terinspirasi oleh Charlie’s Angels. Julia Perez, Deswita Maharani dan Melaney Ricardo didapuk sebagai Angels. Para Angels akan kedatangan tamu, tapi mereka tidak pernah mengetahui beberapa bintang tamu yang akan datang dalam talkshow tersebut, bahkan mereka harus menebak sendiri siapa bintang tamu yang akan mereka wawancarai. Mereka juga akan mendapatkan hukuman ketika mereka melakukan kesalahan dan tidak memuaskan bintang tamu.
GOWES (Setiap hari Kamis - 09.00 WIB)
Program adventure berdurasi 30 menit yang terbagi dalam 3 segmen. Program ini dibawakan presenter wanita yang sudah teruji dalam program adventure, yaitu Septia (Mantan Jejak Petualang dan Petualangan Liar TV7). Septia akan mengajak pemirsa menjajal beragam trek sepeda dari mulai cross country hingga Down Hill yang ekstrem. Petualangan ini akan ditemani para komunitas sepeda yang berpengalaman sehingga bisa berbagi tips dan trik menghadapi trek yang beragam. Tak hanya bersepeda, septia juga akan mengajak anda berwisata alam serta kuliner yang berada di dekat trek.

SCTV
Stasiun TV yang satu ini sempat terpuruk dengan sinetronnya setelah hengkangnya MD Entertaiment dari tv ini. Berbagai sinetron pernah menghiasi tv berslogan satu untuk semua ini. Namun belum ada yang benar-benar sesukses seperti kala sinetron MD masih tayang di sctv. Sekarang, sctv berusaha membuat series miniseri yang diawali oleh Laskar Pelangi The Series dan Garuda Impian yang episodenya hanya berjumlah 15 saja. Selain itu, sctv masih mengandalkan FTV nya untuk menarik simpati penonton, namun berdasarkan bocoran yang beredar, tahun 2012 ini sctv sedang mempertimbangkan untuk menayangkan telenovela lagi. Benar atau tidaknya memang belum bisa dipastikan, namun jika seandainya benar, tentu akan menjadi obat rindu untuk para penikmat telenovela yang sudah sangat langka di tv kita.

MNC TV
Kepindahan MD Entertaiment di mnc tv ini ternyata semakin membuat rating mnc tv turun, padahal sebelumnya mnc tv cukup perkasa di jam primetime dengan memasang kartun slapsticknya. Namun setelah MD Entertaiment mengisi slot primetime dengan 2 judul sinetronnya, rating primetime mnc tv terus turun. Dari sekian judul sinetron MD yang tayang disini, hanya 'Sampeyan Muslim' yang lumayan dilirik. 

Di tahun 2012 ini, MD menaruh 2 judul sinetron baru yang keduanya mulai tayang 9 januari ini, adalah Fathiyah dan Tendangan si Madun yang akan mencoba peruntungannya. Fathiyah sendiri hampir serupa dengan Dia Anakku yang pernah tayang di indosiar. Sama-sama dibintangi Aryani Fitriana yang perannya sebagai tarzan wanita dengan omongan terbolak balik. Hanya saja, bukan Andrew Andhika lagi yang jadi lawan main si tarzan wanita, melainkan Teuku Wisnu lah yang akan menggantikannya. jangan lupakan juga, Ririn Dwi Ariyanti dan Hardi yang akan menjadi pemeran pendukungnya. Sinetron Fathiyah ini merupakan comeback ririn setelah melahirkan sang buah hati tercinta. Berhasilkah? Kita nantikan saja respon masyarakat setelah sinetron ini tayang. Sinetron lainnya yaitu Tendangan si Madun yang bermain di genre anak, dimana mengisahkan jagoan anak sepakbola kampung  bernama Madun.

Formula kartun slapstick nampaknya masih akan mewabah di stasiun tv yang dulunya bernama TPI ini. Kartun baru seperti Nono Forest dan Sweet Lambs juga mulai dilirik penonton, dimana kedunaya juga sering wara-wiri di 10 besar perolehan rating. Kartun asal Malaysia seperti Upin & Ipin juga masih menghiasi layar kaca MNC TV ini, malah mereka menambah kartun dari negeri jiran ini dengan judul baru seperti 'Pada Zaman dahulu'.

   TRANS TV & TRANS 7
Stasiun tv berslogan 'Milik Kita Bersama' ini selalu berusaha berinovasi dengan program-programnya,  program terbarunya ada 'Sepenggal Sejarah' yang bergenre news. Sepertinya, Trans Tv masih senantiasa akan menghadirkan inovasi-inovasi program yang kreatif. Saat ini, program 'Comedy Project' dan 'The Hits' lumayan dilirik di jam primetime walaupun tidak terlalu dominan dalam segi rating. Namun patut diakui, 2 acara primetime trans ini sungguh beda dengan yang lainnya.

Staisun tv Trans 7 masih setia dengan program andalannya yaitu talkshow Hitam Putih dan Pas Mantab serta program dokumentarynya On The Spot dan Spotlite juga Opera Van Java yang masih sering menduduki posisi jawara rating. Program baru lain memang belum terlihat, namun sasaran programnya tidak jauh berbeda dengan kakaknya trans tv.

RCTI, GLOBAL TV











Tak ada kejutan berarti dari 2 stasiun tv ini, RCTI menghadirkan Indonesian Idol 2012 nya sebagai permulaan serta dengan sinetron-sinetronnya. 

Global TV masih setia dengan andalannya seperti kartun Nickleodeon dan juga program komedi seperti Awas Ada Sule 2, Superhero Kocak, Sketsa Tawa dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar