Selasa, 17 Juli 2012

Persaingan Sengit 5 Sinetron Baru, Siapa Yang Jadi Jawara?

SENIN kemarin(16/7) menjadi hari yang penting bagi 4 stasiun TV di Indonesia. Ada 5 sinetron baru yang mulai tayang menyambut datangnya bulan Ramadhan. Walaupun 2 diantaranya memang tidak bergenre religi. Namun persaingan di antara 5 sinetron baru yang tayang di hari yang sama ini memang patut menjadi perhatian. Lima sinetron yang kemarin mulai tayang secara bersamaan adalah Si Alif (MNC TV), Tendangan Si Madun season 2 (MNC TV), Dalam Mihrab Cinta (RCTI), Insya Allah Ada Jalan (SCTV), dan Saranghae, I Love You (Indosiar).
Persaingan sengit terjadi pada pkl.18.00 WIB yaitu antara RCTI dan MNC TV dengan sinetron mereka Dalam Mihrab Cinta (RCTI) dan Tendangan Si Madun Season 2(MNC TV).Pada slot ini, pertarungan dimenangkan oleh Tendangan Si Madun Season 2.

Tak hanya unggul di program baru, sinetron produksi MD Entertainment ini sukses menjadi acara yang paling banyak ditonton (ALL) pada Senin (16/7) dengan perolehan TVR 6,2 dan share 28,9. Sementara Dalam Mihrab Cinta harus puas menempati posisi 14 dengan perolehan TVR 2,3 dan share 10,9. Angka ini masih di bawah Cinta Bersemi di Putih Abu-abu: The Series (CBdPAA, SCTV) yang tayang bebarengan. Semalam CBdPAA menduduki posisi 12, meraih TVR 2,7 dan share 14,3.

Sementara sinetron Si Alif yang bagi sebagian orang dinilai mirip film Hongkong CJ7 yang tayang pukul 17.00 WIB, ada di posisi 10, mendapat TVR 2,9 dan share 21,6. Untuk jam tayang non-primetime, angka ini terhitung sangat bagus. Mengungguli Hanya Kamu (RCTI) di jam sama yang menempati posisi 48.

Kelompok SCTV-Indosiar bersaing menayangkan sinetron baru beda genre di slot pukul 20.30 WIB. SCTV memutar Insya Allah Ada Jalan, sinetron yang dibintangi Maher Zain. Sementara Indosiar menghadirkan serial kolaborasi Indonesia-Korea yang dibintangi oleh personil boyband 7.9.4.2 Tim Hwang dan juga aktris cantik Revalina S Temat berjudul Saranghae I Love You.

Pada slot ini, SCTV unggul. Insya Allah Ada Jalan berada di peringkat 15 dengan mendapat TVR 2,2 dan share 9,4. Sementara Saranghae di posisi 27 meraup TVR 1,7 dan share 7,1. Dua tayangan baru ini masih belum mampu melumpuhkan kedigdayaan Tukang Bubur Naik Haji: The Series (RCTI) yang menjadi acara nomor 2 paling banyak ditonton Senin (16/7) dengan TVR 5,9 dan share 26,2.

Apakah grafik ini akan bertahan saat bulan Ramadhan tiba? Masih terlalu dini untuk menilai. Karena SCTV bakal menayangkan Para Pencari Tuhan Jilid 6 pada sahur dan buka (rerun) yang tentunya sudah memiliki penggemar setia.
Mampukah Saranghae I Love You (Indosiar) dalam meraih simpati penonton, karena bila dilihat dari tayangannya tadi malam (16/7), sinetron ini baru menceritakan latar belakang kedua tokoh. Nampaknya, serial ini masih sangat mungkin untuk terus naik mengingat pada episode perdana ini, sama sekali belum ada interaksi antara Tim Hwang dengan Revalina sendiri. Well, apapun masih bisa terjadi. Bisa jadi, justru Si Alif atau Dalam Mihrab Cinta lah yang akan jadi kuda hitam . Semua masih mungkin terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar