Kamis, 30 Agustus 2012

Kontroversi Sitkom Citizen Khan di Inggris yang Berlatar Keluarga Muslim

SALURAN TV Inggris BBC1 menayangkan komedi situasi baru berjudul Citizen Khan. Harian Inggris Guardian menyebut ini merupakan komedi situasi (komsit) BBC Inggris pertama yang mengangkat karakter-karakter Asia.

Namun kehadiran komsit yang tayang perdana pada Senin, 27 Agustus kemarin pukul 10 malam waktu setempat ini  memicu kontroversi. Lebih dari 200 protes diterima BBC setelah episode perdana tayang. Mayoritas menganggap tayangan ini tak menghormati kitab suci Al-Quran dan menampilkan stereotipe orang Asia secara salah. Adegan yang dianggap bermasalah, saat seorang anak perempuan secara tergesa-gesa memakai hijab dan pura-pura baca Al-Quran saat ayahnya datang.

“Sangat kecewa lihat adegan ketika sang ayah datang dan putrinya membuka Al-Quran dengan cara yang tidak sopan!” tulis netizen di BBC Messageboard. Tapi ada pula netizen yang membela Citizen Khan. “Penonton terlalu serius, hal seperti itu memang ada dalam dunia nyata,” tulis netizen lainnya.
Daily Mail, Kamis (30/8) menulis bahwa komsit ini lahir dari tangan Adil Ray, seorang Muslim Inggris yang juga berperan sebagai Mr. Khan, karakter utama.

Secara rating, komsit ini berhasil mengumpulkan banyak penonton. “Awal yang baik bagi Citizen Khan. Ditonton 3,6 juta orang, dengan share 21,5 di slot larut malam. Acara komedi baru selalu mengundang beragam reaksi penonton. Karakter di sini adalah kreasi komikal, dan tidak bermaksud mewakili komunitas tertentu secara keseluruhan,” jelas juru bicara BBC.

Penasaran dengan program situasi komedi yang satu ini? Anda dapat langsung menontonnya jika penasaran pada panel video youtube di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar