Minggu, 20 Januari 2013

Debut Episode Perdana American Idol 2013 Raih Rating Terendah Sepanjang Sejarah Penayangannya

Group201_4042.jpgAMERICAN Idol 2013 atau tepatnya season 12 mengawali debutnya pekan ini. Talent search yang masih setia dipandu Ryan Seacrest ini tayang perdana pada Rabu (16/1) malam Pkl.20.00 - 22.00 waktu setempat di Amerika Serikat di saluran Fox TV. Jennifer Lopez dan Steven Tyler tak lagi duduk di kursi juri. American Idol 2013 memilih Mariah Carey, Keith Urban, Nicki Minaj dan tentunya juri paling setia Randy Jackson sebagai juri.

Episode perdana musim ini ternyata mengalami penurunan hingga 19 persen dibandingkan episode perdana musim sebelumnya yang meraih 21,93 juta penonton. Debut AI season 12 ‘hanya’ mengumpulkan 17,9 juta penonton. Angka paling rendah sepanjang sejarah episode perdana American Idol.

Mengutip situs Entertainment Weekly, Jumat (18/1) ini untuk kali pertama episode debut American Idol tidak menduduki peringkat 1 di rating mingguan. Amrerican Idol sudah pasti kalah dari serial NCIS yang tayang Selasa (15/1) malam, dengan jumlah 22,9 juta penonton.
Situs ini menyebut, American Idol 2013 lebih menjual gontok-gontokan antara Mariah Carey dan Nicki Minaj (entah mereka memang tidak akur, atau hanya rekayasa—red). Sebagian netizen merasa senang menonton dua penyanyi perempuan beda generasi ini sindir-sindiran. Namun tak sedikit yang terganggu melihat polah keduanya.

Episode perdana American Idol 2013 ini sedikit banyak mengingatkan kita pada Indonesian Idol 2012, di mana tingkah para juri lebih mendominasi dibandingkan proses audisi itu sendiri. Porsi Nicki Minaj, dengan gayanya yang semau gue, terasa lebih dominan dibandingkan juri lain. Kebalikannya, Mariah Carey tampil lembut layaknya seorang diva. Sementara juri pria seolah tenggelam di antara Nicki-Mariah.

Peserta audisi dengan kisah hidup pilu juga mewarnai episode pertama. Seorang peserta pria dengan kaki palsu, menceritakan kisah pilunya melawan kanker sampai harus amputasi, sebelum menunjukkan bakat nyanyinya. Meski begitu peserta ini gagal menembus babak selanjutnya.

Jauh sebelum episode perdana tayang, banyak pemberitaan Nicki-Mariah tidak akur. Dalam sebuah audisi, Nicki sampai pengancam akan menembak Mariah. Entah ancaman itu serius atau tidak, yang pasti menurut Fox episode ini bakal tayang minggu depan.

Apa episode ini mampu mendongkrak rating lebih tinggi dari debut perdananya ini? Wah patut dinantikan nih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar