Jumat, 25 Mei 2012

Minuscule, Animasi Yang Tayang di Dua TV Nasional Sekaligus


SEJATINYA Minuscule tayang perdana di Indosiar pada awal tahun 2012 yang lalu. Pada saat itu Miniscule hadir secara weekly yaitu setiap Sabtu dan Minggu Pkl.14.00 WIB. Baru sebulan tayang, slotnya kemudian silih berganti diisi oleh Galaxy Superstar (rerun) dan saat ini diisi oleh program bertajuk Aseli Indonesia yang digawangi oleh Rina Nose.
Belakangan ini, Miniscule pindah ke stasiun TV MNC TV. Awalnya mengisi slot tayang Pkl.18.45 WIB. Namun karena adanya sinetron baru MD bertajuk Dewi Bintari maka jam tayangnya dimajukan menjadi Pkl.18.15 WIB. Durasinya sendiri begitu singkat, hanya berkisar sekitar 5-8 menit karena berbagi slot dengan animasi Vicky & Jhonny.

Ketika masih tayang di MNC TV, tiba-tiba saja Indosiar kembali menayangkan animasi tersebut selama setengah jam pada slot tayang Pkl.16.30 WIB untuk mengisi kekosongan slot yang ditinggalkan oleh Drama Asia Skip Beat.


Well, sebenarnya kejadian seperti ini juga pernah terjadi pada animasi populer Shaun The Sheep yang tayang di B Channel dan MNC TV.

Tapi bila membandingkan ratingnya, Miniscule meraih rating yang lebih tinggi ketika tayang di MNC TV. Ratingnya sering menempati posisi 10 besar daily. Seperti saat rating kamis (24/5) kemarin, Miniscule yang tayang di MNC TV menempati peringkat 10 dengan tvr 2.5 dan share 11.1%. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan mengingat MNC TV sudah lekat dengan tayangan animasi yang memang sempat menajdi andalannya.

Apa itu Miniscule? Miniscule adalah sebuah tayangan animasi asal Perancis. Miniscule pertama kali mengudara pada tanggal 25 Oktober 2006 di stasiun TV French 2 dan juga Disney Channel. Saat ini hak siar Miniscule telah terjual di lebih dari 70 negara seperti Finlandia, Amerika, Inggris, Kanada, Belanda, Korea, Jerman, Indonesia, Australia dan masih banyak lagi. Miniscule termasuk dalam animasi slapstick dimana tokoh sentral ceritanya adalah para serangga-serangga yang berkelakuan lucu dan menggemaskan. Setiap cerita hanya berkisar antara 2-5 menit. Bermacam tokohnya antara lain adalah seperti ulat, kumbang, laba-laba, lalat dan masih banyak lagi. Kelakuan serangga-serangga ini bermacam-macam. Mulai dari adu balap sesama serangga, perebutan makanan, sampai dengan rebutan nonton acara TV, seperti yang dilakukan antara si laba-laba dan juga si lalat. Tingkah menggemaskan para serangga inilah yang menjadi daya tarik utama dari animasi ini.

Miniscule adalah animasi produksi Futurikon dimana dalam pengambilan videonya Serangga dibuat dalam model 3D di habitat alaminya dengan cuplikan live. Jadi untuk latar tempatnya sendiri adalah benar asli.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar