Jumat, 18 Mei 2012

"Fong Sai Yuk" Serial Wuxia Pengganti To Liong To

TENTU Anda sudah tidak asing lagi dengan sosok bernama Fong Sai Yuk. Ia adalah seorang ahli bela diri terkenal dari China yang kerap di jadikan film. Di Indonesia sendiri, film yang dibintangi oleh Jet Li ini kerap tayang meski telah berlalu hampir 20 tahun dari tanggal produksinya.
Serial ini menggantikan Serial Wuxia To Liong To yang sudah habis masa tayangnya.

Mungkin tak banyak dari Anda yang pernah mendengar soal serial ini. Fong Sai Yuk versi 2011 ini merupakan serial produksi China Daratan. Pemeran utamanya, Yang Zi, masih asing di sini. Tapi beberapa peran pendukungnya cukup familiar. Salah satunya adalah Ashton Chen, yang juga dikenal dengan nama Shi Xiao Long. Tentunya aAnda masih ingat dengan aksi seorang bocah jago kungfu yang selalu mendampingi Bobo Ho di film laga komedi semisal Shaolin Popeye.
Dulu usianya baru 7 tahun. Kini Ashton sudah tumbuh menjadi pria berusia 24 tahun, dan memerankan sosok Hung Hei Kun. Selian itu, untuk Anda yang sempat menonton Film Sorcerer and The White Snake,  yang sempat tayang di bioskop tanah air. Tentunya sudah tidak asing dengan sosok Eva Huang yang juga turut ambil bagian dalam serial ini.

fong-sai-yuk-poster

Alkisah di kota Kanton (Guangzhou), Fong Duk yang berprofesi juragan kain kaya raya selalu dipusingkan oleh ulah istrinya, Miu Tsui Fa (Yuen Qiu) yang urakan. Perempuan yang memiliki ilmu silat tinggi hasil didikan ayahnya itu suka merokok, berjudi dan berkelahi. Belum lagi putra mereka, Fong Sai Yuk (Yang Zi) yang terkenal sebagai pembuat onar yang sukar ditandingi.
Fong Sai Yuk yang tidak suka sekolah ini punya prinsip “pukul dulu pikir kemudian”, maka tidak heran jika kerjanya cuma membuat keonaran yang selalu membuat toko ayahnya selalu ramai didatangi orang. Bukan untuk membeli tetapi untuk menuntut ganti rugi. Susahnya tidak ada orang yang bisa memberi pelajaran kepada pemuda bandel itu lantaran memiliki ilmu silat tinggi hasil didikan ibunya.
Di balik kebandelannya, Fong Sai Yuk memiliki hati mulia yang suka menolong orang lemah dan tahu membedakan mana yang baik dan jahat. Secara tidak sengaja, ulah Fong Sai Yuk membuat seorang pendekar muda bernama Hung Hei Kun alias Wong Fei Hung (Ashton Chen) masuk penjara. Fong Sai Yuk pun mencari segala cara untuk membebaskannya. Padahal Hung Hei Kun adalah keponakan dari ketua kelompok Langit dan Bumi yang memberontak kepada Dinasti Qing.
Fong Sai Yuk berhasil menolong Hung Hei Kun. Namun hal ini membuat keluarga Fong terpaksa mengungsi ke kota Hangzhou (Hangchow) untuk menghindari ditangkap prajurit Qing. Fong Sai Yuk dan Hung Hei Kun  pun menjadi sahabat karib sehidup mati.
Di kota baru itu, Fong Sai Yuk lagi-lagi membuat keonaran, bahkan sampai membunuh jagoan silat yang bernama Lei Lao Hu.
Masalahnya mertua Lei Lao Hu, Li Ba San adalah jagoan silat yang berilmu tinggi. Ia bersikeras membalas dendam kepada Fong Sai Yuk sehingga memaksa Fong Duk mengirim putranya belajar ke kuil Shaolin untuk menghindari Li Ba San.
Hung Hei Kun turut menyertai Fong Sai Yuk ke kuil Shaolin.
Di kuil Shaolin, Fong Sai Yuk belajar disiplin dan bagaimana menjadi seorang pria sejati, di samping belajar ilmu bela diri.
Bagaimana kisah Fong Sai Yuk selanjutnya? Akankah Dinasti Qing dan Li Ba San melepaskan Fong Sai Yuk dan Hung Hei Kun?
***
Fong Sai Yuk tayang di Indosiar mulai Senin 21 Mei 2012, setiap Senin-Jum'at Pkl.18.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar