Sabtu, 17 November 2012

"Larva", Animasi Slapstick Lucu Buatan Korea yang Bikin Keram Perut

ANIMASI slapstick pernah mencuri perhatian penonton di Indonesia semasa ditayangkan primetime di MNCTV dulu. Namun setelah slot tersebut digantikan oleh sinetron, tak ayal, animasi slapstick kian jarang ditemukan di jam santai kita. Padahal semasa ditayangkan, ratingnya stabil di 10 besar. Sebut saja kartun Shaun The Sheep, Oscar's Oasis, Crime Time, Vicky & Jhony, serta Miniscule. Bahkan beberapa di antara mereka tak jarang menjadi program paling banyak ditonton dalam sebuah kesempatan.

Well, memang sih dibandingkan dengan animasi slapstick ini, sinetron lebih berpotensi untuk menjadi primadona lama. Salah satu keterbatasan animasi slapstick adalah pada jumlah episodenya. Jadi tak heran bila dalam satu minggu berturut-turut, Anda mungkin akan menyaksikan episode yang berulang dari kartun-kartun animasi slapstick itu. Pun demikian, nyatanya, walau sudah merupakan tayangan ulang, tetap saja animasi slapstick digemari.

Shaun The Sheep yang pernah menjadi populer di tanah air kini harus rela pindah jam tayang di slot jam 7 pagi. Sementara itu beberapa animasi slapstick lainnya di MNCTV kian menjadi tidak jelas nasibnya.

RCTI sendiri sebagai salah satu stasiun televisi swasta tertua di Indonesia tak mau ketinggalan arus untuk menayangkan animasi slapstick. Larva adalah salah satu animasi buatan negeri ginseng Korea yang akhirnya terpilih mengisis slot untuk anak-anak di Minggu pagi. Sebelum menetap di jam tayangnya Pkl.08.30 WIB sekarang ini, Larva pernah tayang di slot jam 7 pagi serta setengah lima sore. Di jam tayangnya yang sekarang, Larva berhasil mencuri perhatian penonton pagi. Sharenya di atas 20% dan bahkan TVR nya hampir menyentuh angka 3. Untuk tayangan pagi, tentu ini merupakan sebuah prestasi besar.

Lantas apa istimewanya Larva? Pada dasarnya, di Larva ini terdapat dua karakter utama, yang tak lain adalah si Kuning dan si Merah. Larva Kuning mempunyai sifat polos dan baik hati. Namun si Kuning sangat gemar makan. Saking polosnya, ketika sosok Larva Pink mendekatinya, Kuning hanya perduli pada makanannya saja. Sementara si Merah lebih ke karakter pengiri dan suka menindas si Kuning. Namun mereka berdua bersahabat baik, bahkan terkadang saling menolong.

Penonton akan dibuat terpingkal-pingkal dengan tingkah dua larva ini bersama teman-temannya yang lain. Walaupun settingnya lebih sering berfokus pada selokan, namun nyatanya, kesederhanaannya ini berhasil memancing tawa penonton.

Mengenal Karakter dalam Kartun Larva

LARVA MERAH

 
Si Kecil berwarna kemerahan ini berwatak keras dan tidak sabaran. Dia berteriak layaknya Bruce Lee dan menendangkan kakinya ke udara padahal ia tidak mempunyai kaki layaknya seperti manusia. Si Merah ini adalah tokoh yang selalu mengalami penderitaan. Kebanyakan beerawal dari keserakahannya akan sesuatu.

LARVA KUNING

 

Tokoh larva besar, si Kuning. Larva Kuning ini berjalan pelan dan rakus. Dia selalu mendengarkan si Merah namun sering kehilangan kontrol atas dirinya sendiri apabila melihat makanan.

CACING MISTERIUS (VIOLET)



Si cacing raksasa misterius menyembunyikan tubuhnya yang besar di bawah tanah dan mengamati apa yang Merah dan Kuning lakukan sampai mengeluarkan kepala kecil-nya. Ketika ia terancam, ia memperlihatkan tubuhnya yang besar serta gigi nya yang menakutkan.

SI PINK



















Karakter Larva berwarna Pink ini terbilang suka tebar pesona. Pink disukai oleh larva Merah namun Pink lebih menyukai si Kuning. Pink menyukai Kuning apa adanya, bahkan ketika Kuning buang gas pun, Pink bisa tertawa geli melihatnya.

SI KUMBANG PERKASA (BLACK)



Seperti perawakannya, si kumbang perkasa ini ditakuti oleh yang lain. Dalam sebuah episode berjudul Hot Spring, larva Kuning dan Merah yang sedang berendam di air panas harus rela angkat karena isyarat dari si kumbang yang tak menginginkan mereka berdua ada di kolam yang sama (baca : kaleng).

SI BROWN



Karakter yang satu ini yang paling jorok di antara yang lain. Brown suka menggelindingkan kotoran sehingga sering mengganggu teman-temannya yang lain. Dalam sebuah episode, bahkan si Brown membuat Kuning dan Merah tertawa terbahak-bahak karena tingkah bodohnya akan sebuah garpu dan sendok.

FISH MONSTER



Ikan yang satu ini sering kali merepotkan si Merah dan Kuning. Mereka bahkan harus mempertahankan diri dari serangan si ikan jika tidak mau menjaid mangsanya. Namun sering kali, keadaan genting ini justru memancing tawa penonton.

RAINBOW SNAIL



Snail sering menjadi sasaran kejahilan si Merah dan Kuning. Keduanya sering mengejek jalan Snail yang lamban. Namun dalam sebuah episode, Snail memuntahkan cairan pada si Merah dan Kuning yang berakibat keduanya ikut menjadi lambat. Namun dibalik itu semua, Snail tenryata bisa cepat juga ketika ia bergulung di cangkangnya, ia jauh meninggalkan duo larva yang jahil.


***

Mau hiburan yang bisa bikin ngakak sampai keluar airmata kayak penulis? Anda wajib menyaksikannya setiap hari Minggu Pkl.08.30 WIB di RCTI. Atau kalau tidak sabar, Anda bisa menontonnya secara online di Youtube.



Catatan : Episode favorit penulis adalah episode di bawah ini. Si Merah seperti memegang buah simalakama..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar