Minggu, 18 November 2012

LIPUTAN SPESIAL AKHIR TAHUN : 10 Program Televisi Paling Nge-Hits

BERBICARA mengenai industri pertelevisian di tanah air pasti tidak lepas dari sejumlah program televisi yang ditawarkan. Ada program yang secara rating mampu mengangkat stasiun televisi bersangkutan yang sampai sekarang masih diminati walaupun sudah lama tayang, sebut saja program semisal Opera Van Java dan On The Spot.

Sepanjang tahun 2012 ini banyak program yang secara rating mampu nge-hits dan mampu memberikan kontribusi besar untuk stasiun tv penayangnya. 10 program televisi yang masuk dalam pilihan kami ini, kami nilai berdasarkan beberapa aspek. Mulai dari perolehan ratingnya sampai dengan pengaruhnya terhadap masyarakat luas. Apa saja 10 program televisi paling nge-hits versi Dunia TV? Simak liputan selengkapnya di bawah ini :

10. BUKAN SALAH TAKDIR - INDOSIAR



Tayang di jam pagi hari bukannya membuat Bukan Salah Takdir tidak dilirik oleh penonton. Justru jam tayangnya tepat karena pangsanya memang menyasar ibu-ibu rumahtangga yang baru selesai mengerjakan pekerjaan rumah. Bukan Salah Takdir awalnya sempat diragukan ketika permulaan tayang, karena lazimnya, sebuah sinetron baru tayang di primetime bukannya di pagi hari. Namun nyatanya, sinetron yang memasangkan Poppy Bunga dan Affandy ini justru menorehkan prestasi gemilang dengan memperoleh share di atas 20% setiap kali tayang. Ratingnya stabil di 20 besar.

Cerita awalnya bahkan mirip sinetron Anugerah yang dibintangi oleh Nabila Syakieb, yaitu mengenai inseminasi buatan yang tertukar. Well, sebelum Anugerah, ada sinetron Soraya Intercine Films berjudul Nurjannah (Indosiar) yang mengangkat tema mirip. Sayang sinetron yang dibintangi Shandy Aulia, Anjasmara, dan Sahrul Gunawan ini bertahan tak sampai sebulan.

Jadi, pelopornya Nurjannah? Tidak juga. Tahun 2006, SCTV menayangkan telenovela produksi Kolombia berjudul Juana La Virgen (Juana Si Perawan). Juana, sang karakter utama, hendak memeriksakan diri ke rumah sakit karena tak enak badan. Sayang berkasnya tertukar dengan wanita calon ibu pengganti. Alhasil, gadis ini hamil tanpa berhubungan seks.

Nah perpaduan Juana La Virgen - Loving You a Thousand Times (Serial Korea) ini yang kembali dipakai Bukan Salah Takdir. Bedanya, terlihat jelas sinetron berdurasi 2 jam ini menyasar segmen CD. Ilustrasi musik dangdut menghiasi  sepanjang tayangan. Di episode perdana, setidaknya ada 3 klip dangdut yang diselipkan saat karakter sedang jatuh cinta, dan sedang sedih.

Hebatnya lagi, sinetron Bukan Salah Takdir akhirnya akan pindah ke jam primetime mulai Senin 19 November 2012 ini Pkl.18.00 WIB. Tentunya dengan pertimbangan akan mampu menarik penonton lain. Namun, mampu nggak yah sinetron ini tetap memukau di jam primetime yang persaingannya tidak seketat di jam tayangnya dahulu?


9. LARVA - RCTI (Setiap Minggu Pkl.08.30 WIB)



Sebelumnya kami baru saja menerbitkan artikel mengenai animasi slapstick buatan Korea ini. Menjadi primadona tayangan di pagi hari membuat Larva layak menjadi salah satu yang terbaik di antara sejumlah program yang ada. Ceritanya sederhana dengan setting selokan dan tokoh 2 ekor Larva yang hidup berdampingan dengan sejumlah tokoh binatang lainnya. Banyak cerita simpel tapi mengena yang membuat kita terpingkal-pingkal menyaksikannya. Masih kurang percaya? Buktikan sendiri!

8. FILM TELEVISI (FTV)

FTV ISTIMEWA
SCTV berhasil menjadi pembuat trendsetter untuk FTV di layar kaca. FTV memang bukan hal baru lagi dalam industri pertelevisian kita. Format tayangan sekali habis ini berhasil menajdi tonggak penting bagi SCTV untuk menarik penontonnya. Sering kali, FTV pagi maupun siangnya bersaing ddengan program primetime di jajaran penting. Di SCTV, FTV mendapatkan porsi besar untuk jam tayangnya. Jam FTV di SCTV pernah mendapatkan 6 slot tayang, yaitu pada jam 10 pagi, jam 12.30 siang, jam 17.30 sore, jam 20.30 malam, jam 23.30 malam bahkan jam 01.30 pagi.

Kesuksesan SCTV memacu RCTI, Indosiar, bahkan Global TV dan Trans TV menayangkan program serupa. Belakangan ini bahkan program pagi RCTI diisi oleh tayangan FTV yang ternyata berimbas baik pada RCTI. Jam siang dan malam pun, RCTI mengisinya dengan FTV. Indosiar dan Trans TV bahkan ikut-ikutan menayangkan FTV di jam primetime. Trans TV dengan Sinema Tombo Ati nya, sedangkan Indosiar kini mencuri perhatian dengan Sinema Pintu Taubat nya.

Jadi, layakkah FTV masuk dalam daftar 10 program paling nge-hits sepanjang tahun 2012 ini?

7. HITAM PUTIH - TRANS 7 (Senin-Jum'at Pkl.18.00 WIB, Minggu Pkl.20.00 WIB)



Memasukan program talkshow ini ke dalam program TV paling nge-hits tahun ini tentu tidaklah salah. Ada banyak alasan kenapa talkshow yang dipandu oleh Deddy Corbuzier masuk dalam jejeran program tv paling nge-hits versi kami. Rating Hitam Putih cenderung stabil dan bahkan tak jarang masuk dalam deretan 10 besar program yang paling banyak ditonton. Hitam Putih pun mampu memberikan inspirasi secara langsung dari sumbernya untuk penonton di rumah. Kesuksesan program ini tentu juga berkat sang presenter, Deddy Corbuzier. Sebelum Hitam Putih, siapa yang mengira seorang Deddy Corbuzier mampu mejadi presenter sebuah acara televisi. Deddy sendiri pintar membaca situasi si narasumber dan sangat menghargai bintang tamunya. Tak seperti kebanyakan program sejenis lainnya, di mana presenternya asyik dengan dirinya sendiri. Segmen magic juga kadang-kadang ditampilkan, walaupun belakangan ini sudah jarang ditampilkan. Tentunya segmen yang paling banyak ditunggu adalah ketika Deddy menanyakan 2 pertanyaan pilihan pada narasumbernya, dan si narasumber wajib memilih salah satu dari pertanyaan yang diajukan. Nah, pertanyaannya ini kerap kali menjebak narasumber atau merupakan pilihan yang sulit. Sukses terus deh untuk Hitam Putih nya.

6.MASTER CHEF INDONESIA SEASON 2 - RCTI


Ajang kompetisi memasak yang satu ini masih saja menarik perhatian penonton di season keduanya ini. Bahkan episode grand finalnya menembus share di atas 30%. Untuk season keduanya ini sendiri, terjadi sedikit perombakan juri. Master Chef Juna dan Marinka tetap setia mengisi posisi juri, sementara Chef Vindex digantikan oleh Chef Degan. Dari deretan peserta juga terlihat bervariasi, ada Desi yang seorang direktur hotel, Oma Joice yang sudah berumur lebih dari setengah abad, kemudian ada Bagus yang seorang pengukir tato dan masih banyak lagi lainnya. Dengan latar belakang yang berbeda-beda ini, semakin menyemarakkan persaingan. Sedari awal kontestan asal Bangka Belitung yang sekaligus juara Master Chef Indonesia Season 2, Desi, sudah terlihat mendominasi kompetisi ini. Sementara Opik yang masuk ke grand final dan menjadi juara kedua pernah keluar dari kompetisi dan akhirnya masuk kembali melalui jalur black team. Untuk berbagai alasan di ataslah, Master Chef Indonesia Season 2 layak terpilih menjadi 10 program paling nge-hits sepanjang 2012 ini.

5.RADEN KIAN SANTANG - MNCTV (Setiap Hari Pkl.21.00 WIB)



Tak diperhitungkan di awal, namun nyatanya menjadi kuda hitam dalam perolehan rating. Itulah yang dialami oleh sinetron produksi MD Entertaiment ini. Sinetron bergenre kolosal ini mampu bertahan dan memimpin di slot tayangnya pada Pkl.21.00 WIB. Ratingnya terbilang stabil di 5 besar dan sering menmbus 3 besar.

Kekuatan ceritanya adalah alurnya yang bergerak cepat serta kejutan-kejutan yang diberikan oleh penulis dalam setiap episodenya. Kemudian, penataan aksi silatnya juga terbilang bagus walaupun syuting kejar tayang. Raden Kian Santang tayang perdana pada 28 Mei 2012 dan masih tayang hingga artikel ini dibuat. Tentu merupakan sebuah prestasi untuk sebuah sinetron. Terlebih lagi genrenya yang bukan drama.
Kami sendiri, pernah membuat artikel mengenai Raden Kian Santang, untuk info lengkapnya baca di sini.

4. TUTUR TINULAR 2011 - INDOSIAR



Loh, judulnya ada embel-embel 2011, tapi kenapa masuk dalam daftar program paling nge-hits tahun 2012? Tenang saja, kami tidak salah memasukannya kok. Tutur Tinular 2011 (TT 2011) tayang perdana pada 26 September 2011 dan berakhir pada 02 September 2012.

Sejak tren sinetron harian melanda pada tahun 2006, genre atau tema yang diusung tak jauh-jauh dari konflik keluarga dan percintaan. Anak yang tertukar dan kisah cinta beda status sosial menjadi konflik utama dalam sejumlah sinetron hits seperti Putri yang Ditukar dan Cinta Fitri. Sedikit berwarna pada akhir 2010, di mana sinetron komedi religi bermunculan.

Kehadiran TT 2011 semakin menambah semarak persaingan sinetron stripping. Harus diakui, pembuatan sinetron kolosal tidak semudah drama atau komedi. Perlu perhatian khusus pada pemilihan lokasi, kostum, tata rias, dan efek visual. Acung jempol buat inovasi yang ditawarkan TT 2011. Episode perdananya kala itu langsung merangsek ke peringkat 8 dengan TVR 3 dan share 12,6. Perlahan tapi pasti, TT 2011 terus naik dan merasakan jadi acara TV nomor 1, plus berbulan-bulan menghuni 3 besar.

Seperti sinetron lain, rating TT 2011 yang stabil membuat episodenya kian bertambah banyak. Durasi pun bertambah dari 1 menjadi 2 jam sekali tayang. Alhasil, banyak hal-hal absurd muncul di sinetron ini. Ilustrasi musik dangdut yang digunakan dianggap tidak relevan oleh penonton. Tokoh Dewi Padmini yang diperankan Amara, mendadak berubah jadi burung merpati.

Karakter yang seharusnya tidak ada, bermunculan; Mak Lampir, Gerandong, dan Little Krisna.
Sukses dengan merpati bicara, TT 2011 melahirkan Ada anjing, marmut, kupu-kupu, kelinci, dan kodok yang bisa ngomong. Tak sampai di situ, sandal dan buah kelapa pun bisa ngomong. Mak Lampir pun diceritakan berubah jadi tongkat bisa bicara.

Makin menggila dengan kehadiran tokoh Guru India, yang tiap dialognya diawali dengan kalimat “acha acha nehi nehi, kabhi khushi kabhie gham”, plus kemunculan Wong Fei Hung. Tak sampai di situ, demam The Dark Knight Rises pun seolah menginspirasi TT 2011 dalam menciptakan sosok Jayapati, manusia kelelawar yang kostumnya menyerupai Batman.

Hebatnya selama berbulan-bulan cerita yang ngelantur ini masih ditonton banyak orang, termasuk saya. Saya mengalami guilty pleasure saat menonton petualangan Kamandanu di negeri antah berantah ini. Penulis dan sutradara memberikan cerita yang “beyond your imagination”, sementara penonton selalu “expect the unexpected”.

Sampai bulan Juni 2012, TT 2011 masih wara-wiri di 5 besar. Tapi di bulan Ramadhan, ratingnya terus menurun. Entah karena jam tayangnya yang bebarengan dengan waktu Tarawih, atau memang penonton sudah bosan. Puncaknya, setelah Lebaran rating TT 2011 sempat terdepak dari 50 besar, sebelum akhirnya mencapai episode pamungkas pada 02 September 2012 yang lalu dengan perolehan raitng di posisi 13 dengan TVR 2.8 dan share 11.6%.

Ah, terlepas dari banyak kekurangannya, Tutur Tinular versi 2011 berhasil menjadi trendsetter sinetron kolosal di era sinetron harian dan berhasil menjadi salah satu sinetron Indonesia dengan jumlah episode terpanjang. Tak salah tentunya, kami memasukannya dalam daftar ini.


3. TUKANG BUBUR NAIK HAJI THE SERIES - RCTI (Setiap Hari Pkl.20.00 WIB)



Diangkat dari sebuh FTV sukses beberapa tahun lalu, RCTI dan SinemArt akhirnya menghadirkannya ke layar kaca kembali dalam format sinetron. Terjadi beberapa perombakan pemain, termasuk istrinya Bang Sulam. Tukang Bubur Naik Haji (TBHN) hadir di saat yang tepat, program ini berhasil menjadi primadona baru di jam primetime dengan stabilnya rating di peringkat pertama. Sebelum hadirnya TBHN, sinetron RCTI sedang lesu peminat. Berbagai sinetron genre drama yang ada mulai dari iSkul, Mimo Ketemu Poscha, Binar Bening Berlian, dan lainnya tak mampu berkutik dalam perolehan rating.

Kekuatan ceritanya ada pada para tokohnya yang konsisten. Seperti Haji Muhidin yang senantiasa sirik dengan kehidupan Bang Sulam yang sudah makmur. Sering kali ia bersama istrinya merencanakan berbagai muslihat licik untuk memfitnah Bang Sulam dan keluarganya, namun sebanyak apapun mereka mencoba, hasilnya selalu nihil. Dimatikannya tokoh Hajah Maemunah dalam serial ini sempat membuat kaget penonton setianya. Karena tentunya, salah satu daya tarik TBHN ada pada tokoh yang satu ini. Belakangan, Hajah Maemunah malah bergabung dalam sinetron Putri Bidadari. Sepeninggal Hajah Maemunah, TBHN masih terus memuncaki perolehan rating dengan pengembangan para tokoh lama dan baru. Sinetron ini turut diperkuat bintang muda seperti Citra Kirana, Andi Asyril Rahman, Aditya Herpavi, Ali Syakieb, Alice Norin dan masih banyak lagi. Jadi tentu tidak salah dong, TBHN menjadi 3 besar dari 10 program paling nge-hits tahun 2012 ini.

2.INDONESIAN IDOL 2012 - RCTI



Kembalinya ajang pencarian bakat yang satu ini ke layar kaca RCTI terbukti langkah yang tepat. Setelah satu tahun vakum, Indonesian Idol kembali digelar pada tahun 2012 ini. Anang Hermansyah dan Agnes Monica tetap mengisi deretan juri dengan tambahan juri baru Ahmad Dhani. Pergantian dari Erwin Gutawa ke Ahmad Dhani ini terbukti salah satu langkah jitu. Dengan gaya khas slengeannya, Ahmad Dhani memberikan warna baru untuk penjurian Idol 2012. Kekuatan lainnya ada pada pesertanya, Ivan Saputra mampu memikiat para ABG untuk terus menonton Idol, sementara itu dari deretan peserta bersuara emas, Idol mempunyai Kamasean dan Regina Ivanova yang stabil tampil memukau di setiap penampilan mereka. Grand finalnya juga menggelegar dan berhasil menjadi program yang paling banyak ditonton saat itu. Jadi, bersiaplah untuk Indonesian Idol 2013.

1.PUTIH ABU-ABU - SCTV



Kehadiran sinetron bergenre sinetron remaja ini memberikan angin segar untuk para pecinta sinema elektronik. Nyatanya, serial ini mampu memberikan pengaruh dan kontribusi yang besar untuk SCTV. Istilah-istilah dalam sinetron ini juga menjadi trend di kalangan remaja. Sebut saja kata Kamseupay, Iyuh yang acap kali sering diucapkan para remaja jaman sekarang. Berkat Putih Abu-Abu juga banyak bermunculan sinetron remaja lainnya seperti Yang Masih di Bawah Umur, Segalanya Cinta, Cintaku Bersemi di Putih Abu-Abu, Hanya Kamu sampai dengan Super ABG.

Putih Abu-Abu juga menjadi tanjakan besar untuk girlband Blink masuk ke dalam dunia akting maupun makin berkilau di dunia tarik suara. Tak hanya itu, serial sepanjang 231 episode ini juga akan syuting di Korea pada season 2 nya, di mana, Blink diceritakan dilirik oleh salah satu perusahaan musik di Korea, Angel yang tak terima pun menyusul Blink ke Korea.

Yang pastinya, dengan banyak hal fenomenal seperti itu. Putih Abu-Abu layak menjadi program paling nge-hits sepanjang tahun 2012 ini.

***

Program favorit Anda tidak masuk daftar ini? Sepenuhnya ini merupakan pendapat subjektif kami. Jadi, bagaimana pendapat Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar