Selasa, 26 Februari 2013

RATING REPORT : "Cinta Rockstar" dan "Berkah" Debut di 5 Besar

SENIN (25/02) kemarin merupakan debut dua sinetron terbaru dari dua stasiun TV terbesar di Indonesia saat ini. Cinta Rockstar milik SCTV tayang lebih dahulu pada Pkl.19.30 WIB, kemudian menyusul sinetron Berkah milik RCTI yang tayang di slot Pkl.21.00 WIB. Hebatnya lagi, dua sinetron baru ini menjadi pesaing kuat untuk program-program yang sebelumnya setia menghuni 5 besar perolehan rating. Namun keduanya belum bisa mematahkan dominasi Tukang Bubur Naik Haji yang kokoh di peringkat pertama dengan TVR 6.6 dan share 26.9 (ABC) dan TVR 6.8 dan share 27 di segmen ALL. 

Setelah Putih Abu-abu tamat, sinetron SCTV lebih banyak bergenre komedi dan menargetkan anak kecil atau keluarga. Kini, ada Cinta Rockstar yang berpotensi disukai anak muda. Deretan artis muda seperti Ariel Tatum, Derby Romero, Faby Marcelia dan Fandy Christian, plus kisah penyanyi rock terkenal yang ditukar dengan latar cinta segiempat, menjadi kekuatan sinetron yang disutradarai Ody C. Harahap ini.
Karakter utamanya Ila (Ariel), ditindas tante dan sepupunya tapi tetap tegar, tipikal karakter yang potensial meminta simpati penonton sinetron. Faktor ini membuat debut Cinta Rockstar cukup prima, bertengger di posisi 4 dengan TVR 3,6 dan share 14,6 (ABC) dan di ALL lebih baik lagi dengan TVR 3.9 dan share 3.9 dan share 15.3. Lebih bagus dibandingkan dengan debut Ji Ung Pendekar Cabe Rawit saat tayang perdana beberapa minggu silam. Akibatnya, Ji Ung digeser menjadi Pkl.17.00 WIB menggantikan Kiamat Sudah Dekat yang kalah telak dari perolehan rating Yang Muda Yang Bercinta.
 

Berkah yang tayang di RCTI semalam memperoleh hasil yang lebih prima. Mengambil sebagian jam tayang Tukang Bubur Naik Haji, debut sinetron yang disutradarai Ahmad Yusuf ini melenggang ke peringkat 2, dengan TVR 4,2 dan share 18,5 di segmen ABC dan TVR 4.6 dan share 19.9 di posisi yang sama.
Sinetron multikonflik dengan alur cepat, ada unsur komedi dan religi (lengkap adegan Jaka alias Samuel Zylgwyn mati suri lalu terjebak di antara surga dan neraka), membuat penonton sulit untuk memindah channel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar