Kamis, 28 Februari 2013

"Running Man", Game Show Nomor Wahid yang Terkenal Seantero Asia

TAYANGAN populer seantero Asia Running Man semakin mengukuhkan diri sebagai game show nomor wahid. 7 pemain tetapnya terdiri dari Song Ji Hyo, HaHa, Gary, Kim Jong Kook, Ji Suk Jin, Yu Jae Suk, dan Lee Kwang Soo mampu menciptakan chemistry yang luar biasa. Selain itu kehadiran para bintang tamu yang berbeda-beda di setiap episodenya makin menambah semarak acara ini.

Running Man juga adalah game show yang bermodal besar, karena di setiap episodenya, dalam persiapan tempat atau penyewaan tempatnya, game show ini tidak main-main menggarapnya. Satu gedung itu bisa diewa hanya untuk syuting Running Man ini. Belum lagi ditambah para masyarakat awam yang dipakai untuk keperluan syuting bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang bila memang dirasa diperlukan. Terkadang juga Running Man syuting di luar Korea, semisal Thailand, Vietnam, Macau, Hongkong, bahkan sampai Beijing.

Running Man, hadir dengan rating yang biasa saja di awal kemunculannya. Rating perdananya 10% dan terus turun sampai 6.5% pada episode ke-12. Mencapai episode puluhan, Running Man mulai populer dari perolehan rating. Bahkan di episode ke-23 berhasil menyentuh rating 20%. Sampai dengan sekarang ratingnya stabil di angka belasan persen hingga 20 persen lebih. Gemanya pun kian meluas hingga ke pelosok Asia, termasuk Indonesia (bagi yang punya TV berlangganan). Dari hari ke hari juga makin menghimpun banyak penggemar. Timeline beberapa teman pecinta K Pop selalu menyambut episode-episode baru Running Man dan sibuk mengunduhnya dari sebuah situs.
Terus terang awalnya cukup sulit juga mengikuti acara tersebut, selain karena tidak menonton dari episode awal, juga bukan tipikal acara yang biasa muncul di Korea. Tapi begitu tahu daftar panelisnya, keasyikan menontonnya segera datang. Siapa yang tak kenal Yoo Jae Suk? MC nasional Korea.

Tidak sulit juga mengenali panelis lain, soal nama Gary, soal kegantengannya, soal “hubungan” nya dengan panelis wanita satu-satunya Song Ji Hyo juga sudah sering penulis lihat di timeline penggemar acara yang mengudara sejak 11 Juni 2010 ini dan titayangkan tiap senin di stasiun televisi SBS. Keduanya kerap kali mendapat julukan sebagai Monday Couple karena syuting biasanya dilakukan pada hari Senin.

Selain itu ada juga si penyanyi tegap bersuara ballad, Kim Jong Kook yang menjadi momok menakutkan di sini akrena merupakan peserta yang paling kuat. Kehadiran si HaHa yang kocak juga makin memeriahkan acara. Lee Kwang Soo yang polos juga kerap kali menjadi tertawaan panelis lainnya. Pokoknya, mereka saling melengkapi satu sama lain.

Lalu apa yang menjadi daya tarik Running Man sehingga menyedot begitu banyak penggemar setia? Jelas karena menghibur, lucu, dan segar. Acara ini sendiri secara konsep berbeda dengan acara lain. Running Man dikategorikan sebagai “urban action variety”, genre yang belum pernah ada sebelumnya.

Sederhananya acara ini, sangat jauh dari jenis acara lain macam Strong Heart, Star King, Family Outing, yang rata-rata lebih layak disebut variety show. Running Man menggabungkan panelis senior dan junior. Kubu senior diwakili Yo Jae Suk, Suk Jin, Haha, Jong Kook, Sedang kubu junior terdiri dari Gary, Song Joong Ki (sudah keluar—red), Lee Kwang Soo, dan Song Jing Hyo.

Ada dua misi harus dijalani para panelis tiap episodenya. Misi pertama adalah memenangkan permain. Jangan tanya jenis permainannya, karena selalu berganti-ganti dan selalu saja seru. Ini benar-benar bukti kreativitas para creator acara ini. Misi kedua, favorit banyak orang.

Di segmen inilah para panelis dibagi menjadi dua kubu untuk merebut medali kemenangan atau biasa disebut Running Ball. Panelis biasanya otomatis terbagi dalam dua tim: Mission Team dan Chaser Team. Ya, sesuai namanya juga Mission Team yang dipimpin oleh Yoo Jae Suk berusaha menyelesaikan atau menemukan jawaban dari satu misi yang diberikan pada mereka  dengan jangka waktu tertentu. Harus kelar sebelum waktu yang ditentukan? So, pasti.

Tapi jangan dikira gampang karena Chaser Tim yang dipimpin Kim Jong Kook selalu siap sedia menghadang mereka. Tim yang biasanya beranggotakan dua anak kesayangan Kim Jong Kook, Haha dan Gary ini dengan segala cara akan menangkap anggota Joo Jae Suk yang terdiri dari Ji Suk Jin dan Lee Kwang Soo.Gampang? tidak juga karena selalu saja ada perlawanan, adu fisik, dan tentu saja sesuai nama acaranya: Lari.

Dengan sekali menonton saja Anda akan tahu kenapa motto acara ini Don’t  Walk, RUN! Tapi kadang enggak gampang juga menundukan Mission Team lho karena di kaki para anggota Chaser Team dipasang lonceng yang bisa dengar dan biasanya membuat Mission Team kocar-kacir, lari menghindar. Song Ji Hyo yang satu-satunya perempuan, meski banyak diguyur rayuan dan cinta, terutama dari Gary, hehehe, tergolong panelis yang galak kalau sudah dalam kondisi terdesak.

Game show Running Man bisa besar seperti sekarang berkat kerja keras kru dan member. Kameramen harus berlari lebih baik dari peserta untuk mengambil gambar para member yang tidak berhenti diam saat pengambilan gambar. Setiap member punya karakter masing-masing yang bisa membuat program lebih menarik.

Oh ya, sebagai catatan, acara ini sudah meraih banyak penghargaan. Berikut ini kami tampilkan penghargaan apa saja yang sudah diraih oleh Running Man.

Penghargaan & Prestasi

TahunPenghargaan
2010
  • 2010 SBS Entertainment Awards (30 Desember)
    • SBS Variety New Star Award - Song Joong-ki, Lee Kwang-su & Gary
    • Variety Special Award - Song Ji-hyo
    • Best TV Star Award - Kim Jong-kook
    • Netizen Most Popular Program - Running Man
2011
  • 2011 SBS Entertainment Awards (30 Desember)
    • Newbie Award: Variety Category - Lee Kwang-su
    • Broadcast Writer Award - Park Hyun-sook
    • Best Entertainer Award: Variety Category - Ha-ha
    • Most Outstanding Program - Running Man
    • Outstanding Award: Variety Category - Kim Jong-kook & Song Ji-hyo
    • Grand Award (Daesang) - Yu Jae-suk
2012
  • 2012 SBS Entertainment Awards (30 Desember)
    • Outstanding Award: Variety Category - Gary & Ji Suk-jin
    • Viewer's Most Popular Program - Running Man
    • Viewer's Most Popular Award - Yu Jae-suk
    • Grand Award (Daesang) - Yu Jae-suk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar