Rabu, 20 Februari 2013

RESENSI FILM : "Mama", Siapa Sosok dibalik Penampakan Misterius ini?

SATU lagi film Hollywood yang bermain di genre horror. Melalui sosok 'Mama' penonton akan digiring penasaran untuk mengetahui sosok dibalik 'Mama' tersebut. Judul 'Mama' dalam film terbilang unik, dan mungkin bagi penonton Indonesia judul ini lebih terdengar Indonesia sekali dibandingkan dengan judul fil Hollywood kebanyakan.

Jeffrey (Nikolaj Coster) bersama dua putrinya, Victoria (Megan Charpentier) dan Lily (Isabelle Nelisse), mengalami kecelakaan. Mobil mereka terperosok ke jurang di tengah cuaca dingin di musim salju.


Beruntung, ayah dan dua anak selamat. Kemudian mereka bertiga lantas berjalan menelusuri hutan dan akhirnya menemukan sebuah Pondok Helvetia. Ada yang ganjil di sini. Pertama kali, Victoria sudah memberitahu ayahnya jika ada seseorang di dalam sana. Victoria melihat sekilas bayangan hitam dari jendela. Selanjutnya saat menatap ke luar dari balik jendela, Victoria memberi tahu, “Ayah, ada seseorang di luar sana. Kakinya tidak menyentuh lantai....” Tak lama setelah kejadian tersebut, sang ayah yang ingin menembak putrinya tersebut malah diterkam sesosok aneh yang hingga membuat dirinya tewas.
5 tahun telah berlalu. Lucas (Nikolaj Coster) yang merupakan paman dari Victoria dan Lily tidak pernah berhenti mencari keponakannya tersebut. Lucas menemukan keponakannya di pondok. Bersama kekasihnya Annabel (Jessica), Lucas merawat Victoria dan Lily. Namun ada yang aneh dengan sosok kedua bocah ini, mereka berperilaku aneh, seolah-olah ada yang menjaga mereka selama ini. Tingkah mereka juga liar dan berjalan seperti binatang.
Pendekatan yang dilakukan oleh Jeffrey dan Annabel kepada Victoria dan Lily pada akhirnya berbuah manis. Perlahan, Victoria mampu bersikap wajar seperti usia anak 8 tahun. Namun ia khawatir dengan kedekatannya dengan Pamannya dan Annabel akan membuat keduanya tewas karena kecemburuan sosok misterius tersebut. Hal itu terbukti dengan komanya sang paman secara misterius.

Kemudian Annabel yang sebelumnya bersikap acuh pada Victoria dan Lily harus merawat sendirian kedua anak kecil ini di saat sang kekasih sedang terbaring koma di rumah sakit. Annabel menemukan banyak keganjilan pada Victoria dan Lily karena bila malam tiba, mereka berdua seperti bernyanyi bersama dengan seseorang.

Ini debut pertama Andres sebagai sutradara film panjang. Sebelum Mama, ia menggarap film pendek Mama dan Nostalgia En La Mesa 8 pada 2008 dan 1999. Sebagai sutradara debutan, di bawah pengawasan peraih 3 Piala Oscar, Guillermo Del Toro, Andres berhasil meneror penonton lewat Mama.

Film ini menarik, berkat kejelian tim naskah menjaga ketegangan. Sebagai horor tulen, Andres bersama Neil-Barbara menilik keganjilan putri Jeffrey melalui kajian psikologis. Nah, tinjauan ilmiah ini dipresentasikan melalui tokoh Dr Dreyfuss (Daniel). Tidak ada keterangan teori apa yang digunakan oleh Dreyfuus. Ia menguak misteri Victoria dengan metodologi wawancara dan rekaman dokumentasi.
Lalu dikaitkan dengan beberapa arsip kesehatan yang bisa Anda telusuri sendiri. Horor tulen di tangan Andres didekatkan dengan realita. Penonton kritis tentu bertanya-tanya soal mudahnya hak asuh anak-anak jatuh ke tangan Lucas. Ini dijawab lewat sidang singkat di hadapan majelis hakim dan debat dengan mertua. Ada upaya keras Andres membuat film pertamanya ini bisa dipertanggungjawabkan di hadapan penonton. Hasilnya pun tidak mengecewakan.

Mungkin yang luput dari pengawasan Andres soal kontinuitas gambar. Jika Anda perhatikan dengan saksama, adegan Annabel memperingatkan anak-anak supaya jangan “bermain” tengah malam, latar yang tampak dari luar jendela tampak terang benderang.

Pada akhirnya Annabel harus menemukan sendiri sebuah fakta yang mengejutkan saat berusaha menyelidiki sosok yang menerornya selama ini melalui data-data yang ditemukan oleh Dr.Dreyfuss yang juga menghilang setelah berusaha menyelesaikan penelitiannya mengenai sosok 'Mama' ini.

Pada endingnya, Jeffrey dan Annabel harus berusaha mempertahankan Victoria dan Lily yang ingin dibawa pergi oleh Mama. Berhasilkah usaha mereka untuk menyelamatkan Victoria dan Lily?

Pemain: Jessica Chastain, Nikolaj Coster, Megan Charpentier, Isabelle Nélisse, Daniel Kash
Sutradara: Andrés Muschietti
Penulis: Neil Cross, Andrés Muschietti, Barbara Muschietti
Produser: J Miles Dale, Barbara Muschietti
Produksi: Universal Pictures International
Durasi: 100 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar