Minggu, 17 Maret 2013

TOP 10 Drama Korea Terbaik 2012 (Bagian I)


MEMBUAT top 10 drama Korea terbaik versi penulis adalah hal yang cukup sulit. Banyak pertimbangan dalam memilih kesepuluh drama Korea terbaik ini. Tapi tentu saja, pertimbangan paling utama adalah dari segi alur ceritanya. Pertimbangan lainnya adalah akting ciamik yang disajikan serta rating yang di dapat serial tersebut. Dalam artikel spesial kali ini, penulis akhirnya memilih 10 drama terbaik di tahun 2012 tersebut dari berbagai genre. Ada yang melankolis, lucu sampai dengan tema berbeda yang disajikan. Apa saja kesepuluh drama terbaik tahun 2012 versi dunia tv? Saksikan liputan selengkapnya berikut ini :

10.The Moon that Embraces the Sun


The Moon That Embraces The Sun akrab menyapa pemirsa tanah air pada tahun 2012 kemarin karena sempat ditayangkan oleh Indosiar. Walaupun ratingnya tidak fantastis di Indonesia, namun di Korea sana, serial ini bahkan menjadi drama Nasional karena berhasil menembus rating lebih dari 40%. Mengingat serial bergenre sejarah ini diangkat dari novel karangan Jung Eun Gwol, si penulis novel Sungkyunkwan Scandal, ekspektasi terhadap serial ini cukup tinggi. Rasa penasaran bertambah dengan deretan nama-nama pemain yang cukup menarik: Kim Soo Hyun (Dream High), Han Ga In (Bad Boy), dan Jung Il Woo (49 Days, Flower Boy Ramyun Shop). Kisahnya tentang cinta rahasia antara seorang raja dinasti Joseon bernama Lee Hwon dengan gadis bernama Wol. Wol sebenarnya masih terhitung keluarga kerajaan bahkan memiliki potensi menjadi putri mahkota. Hubungan cinta terlarang itu akhirnya terungkap, namun hanya Wol yang menjalani hukuman hingga ia memutuskan menjadi seorang shaman alias cenayang.

9. Reply 1997



Serial ini tidak tayang secara Nasional di Korea. tvN selaku TV kabel di Korea yang sekarang juga aktif menayangkan sejumlah drama populer menayangkan serial ini sekitar pertengahan tahun 2012. Serial sepanjang 16 episode ini menyajikan cerita kilas balik sebagai inti ceritanya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena penulisnya cukup pintar mengolah ceritanya, sehingga memberian rasa penasaran di setiap episodenya. Ceritanya juga tidak beribet dengan balutan cerita keluarga, kisah cinta dan segala sesuatu yang dekat dengan penonton. Oh yah, untuk Anda yang mungkin sudah remaja di tahun 1997 pastinya tidak asing dengan beberapa permainan yang sedang ngetrend di tahun itu semisal tamagochi. Yang tidak ketinggalan lagi adalah soundtracknya yang memikat. Bahkan lagu All For You yang dinyanyikan Seo In Guk dan Jung Eun Ji ini meraih penghargaan sebagai Best OST di ajang Melon Awards 2012.

8.Bridal Mask



Dengan jumlah episode mencapai 28, Bridal Mask ternyata mampu mendominasi selama masa tayangnya. Walaupun termasuk bukan genre yang populer, nyatanya serial ini sukses juga di Korea sana. Drama yang bertajuk Bridal Mask ini diadaptasi dari komik bertajuk sama karya Huh Young Man yang pertama kali diterbitkan sekitar tahun 1974. Naskahnya sendiri digarap oleh Yoo Hyun Mi yang pernah menulis untuk drama Green Rose (2005), I Want to Love (2006), The Scale of Providence (2008) dan Home Sweet Home (2010).

Kisah utamanya fokus pada karakter Gaskital yang selalu memakai topeng pengantin. Ia merupakan perwira di pemerintahan Jepang dan juga pejuang kemerdekaan Korea. Yup, genrenya memang bertema sejarah dan balas dendam. Jadi tentunya adegan perkelahian dan baku hantam menjadi hal yang lumrah dari serial ini. Namun untuk Anda yang tidak suka dengan genre seperti ini, Anda perlu menyaksikan serial ini terlebih dahulu. Karena penggarapan ceritanya yang apik memberikan sentuhan yang berbeda untuk keseluruhan cerita. Selain itu, adegan percintaan di sini juga tentunya menjadi bagian penting dari keseluruhan cerita. Selain itu juga bisa menambah wawasan mengenai sejarah perang dunia kedua maupun sistem pemerintahan yang ada pada saat itu.
 


7. Arang and The Magisrate



Drama Korea yang satu ini bermain di dalam genre seaguk fantasi. Dibintangi aktris cantik Shin Min Ah yang dikenal di Indonesia berkat perannya di My Girlfriend is Gumiho dan juga sang aktor utama Lee Jun Ki, membuat casting dari drama ini menjadi lebih hidup. Drama Arang and The Magisrate ini tayang perdana di Korea pada 15 Agustus 2012 dan berakhir pada 18 Oktober 2012 di stasiun TV MBC. Episode perdananya langsung mencuri perhatian dengan memperoleh rating sebesar 13.3% dan langsung menduduki peringkat empat perolehan rating berdasarkan perhitungan AGB Nielsen Korea. Jika perhitungan TNmS bahkan ratingnya lebih tinggi lagi dengan memperoleh rating sebesar 14.4% . Semasa tayang dulu, Arang and The Magisrate harus bersaing ketat dengan drama Nice Guy, sementara rival mereka To the Beautiful You harus mengakui keunggulan dua drama di atas.

Ceritanya mengisahkan tentang sosok hantu penasaran bernama Arang (Shin Min Ah) dalam mencari identitas dirinya yang asli serta sebab kematiannya. Untuk itu dia meminta bantuan seorang pemuda bernama Kim Eun Oh (Lee Jun Ki). Eun Oh sendiri menyanggupi permintaan Arang karena ia ingin mengetahui keterkaitan Arang dengan sosok Ibunya yang sudah lama menghilang, Eun Oh melihat Arang memakai tusuk rambut milik Ibunya.

Dengan jabatan sebagai hakim, Eun Oh mulai mengungkap misteri-misteri mengenai keberadaan Arang dan juga Ibunya. Namun suatu hari, Eun Oh mendapati sosok Arang yang sudah menjadi manusia. Rupanya Arang membuat perjanjian dengan kaisar langit dan raja neraka, jika ia bisa menemukan misteri kematiannya sendiri maka ia boleh masuk ke surga. Jika tidak, Arang rela dimasukkan ke dalam neraka. Eun Oh pu terkejut setelah mengetahui fakta ini karena ia mulai mempunyai perasaan untuk Arang. Di samping itu, ternyata tubuh Ibu Eun Oh telah dimasuki roh jahat dari peri surga yang meloloskan diri dari surga karena aturan ketat surga yang dinilainya tidak masuk akal. Nantinya semua akan terungkap pada episode pamungkas, apa sebab kematian Arang yang sesungguhnya dan apakah akhirnya Arang dan Eun Oh yang berbeda alam akan dapat bersatu.

6.Nice Guy



Drama ini menyajikan kisah yang rumit dan kompleks dengan menyertakan alur cerita yang menjangkau kisah masa kecil yang menyedihkan, penyakit tragis dan perebutan kekuasaan. Kisah dimulai dengan menyorot kehidupan Kang Ma Roo (Song Joon Ki) yang merupakan sosok calon dokter yang pintar dan juga tampan. Sedari kecil,  ia sudah memendam perasaan pada gadis yang lebih tua darinya bernama Han Jae Hee (Park Si Yeon). Suatu saat malapetaka terjadi. Ma Roo dihadapkan pada dua situasi genting dalam hidupnya. Ia harus memilih untuk membawa adiknya yang sedang sekarat ke rumah sakit atau memenuhi panggilan Jae Hee yang terdengar putus ada saat menelepon Ma Roo. Karena saking cintanya pada Jae Hee, Ma Roo segera berlari ke apartement Jae Hee dan lantas menemuinya. Di sana ia menemukan Jae Hee berlumuran darah dan nampak seorang pria tergelepar di sana. Ma Roo pun meminta Jae Hee untuk menghubungi polisi dan mengatakan jika tindakannya tersebut adalah untuk membela dirinya. Namun Jae Hee menolak dan mengatakan jika karirnya sebagai reporter akan berakhir jika ia melakukan hal itu. Merasa kasihan, Ma Roo malah meminta Jae Hee melarikan diri dan dirinyalah yang akan bertanggungjawab atas masalah tersebut.

6 tahun berlalu, Ma Roo baru saja keluar dari penjara karena tindakan yang tidak pernah ia lakukan. Namun kini ia berubah, ia menjadi dingin dan suka bergonta-ganti pasangan. Bahkan ia menjadi seorang gigolo untuk menyambung hidupnya. Padahal karir dan hidupnya akan jauh lebih baik jika saja ia tidak memutuskan hal bodoh tersebut. Jae Hee yang berjanji akan menjenguknya selama ia dipenjara mengingkari hal tersebut. Jae Hee menghilang dan tidak pernah lagi menampakkan batang hidungnya. Ternyata, Jae Hee malah menikah dengan ketua Tas San Group yang bahkan lebih pantas menjadi ayahnya dibandingkan menjadi suaminya. Dari pernikahannya ini, bahkan Jae Hee sudah mempunyai seorang anak laki-laki. Jae Hee kembali dipertemukan dengan Ma Roo saat insiden di pesawat. Seo Eun Gi (Moon Chae Won) yang merupakan anak tiri Jae Hee sedang dalam keadaan sekarat dan membutuhkan pertolongan. Akhirnya setelah dorongan dari Park Jae Gil (Lee Kwang Soo), Ma Roo menyelamatkan nyawa Eun Gi.

Setelah pertemuan tersebut. Eun Gi menjadi penasaran dengan Ma Roo yang telah menyelamatkan nyawanya. Ma Roo bahkan menolak pemberian uang oleh Eun Gi. Keadaan semakin rumit saat Ja Hee menyadari jika Eun Gi pada akhirnya menyukai Ma Roo. Jae Hee sendiri masih menyukai Ma Roo walau dalam status sebagai ibu tiri Eun Gi.

Suatu saat, ketua Tae San grup meninggal dunia dan membuat Eun Gi marah. Dalam kemarahan itu, Eun Gi malah mengalami kecelakaan dan akhirnya amnesia. Ma Roo yang awalnya hanya ingin memanfaatkan Eun Gi untuk mendapatkan kembali Jae Hee, malah mendapati dirinya jatuh cinta sungguhan dengan Eun Gi. Di lain sisi, Jae Hee mulai ketakutan saat kondisi Eun Gi berangsur membaik. Cerita semakin memuncak saat Eun Gi mengetahui jika ayahnya meninggal karena perbuatan seseorang.

***

Baca Top 10 Drama Korea Terbaik (Bagian II) disini

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar