Rabu, 12 Desember 2012

Heart The Series, Raih Rating Tinggi Walaupun Tayang Rerun

SCTV berhasil mendominasi di slot jam tayang 5 sore berkat sebuah sinetron rerun. Padahal jarang ada sinetron rerun yang bisa meraih rating atau share bagus, seperti ketika tayang pertama. Lihat saja sinetron Intan atau Kepompong, yang ketika di-rerun hanya bertahan beberapa minggu saja kemudian menghilang tanpa penayangan episode terakhirnya. Akhirnya rerun diberhentikan sebelum tamat pada waktunya.

Tapi tak semua rerun gagal. Ada Kugapai Cintamu dan Hanya Kamu yang meski diulang tetap meraih share tinggi. Olivia juga sempat meraih share di atas 15% saat tayang di RCTI di slot Pkl.15.30 WIB. Kini Kugapai Cintamu bahkan tayang lagi menggantikan sinetron Mencari Jejak Bunda.
Mulai pekan lalu, SCTV menayangkan ulang sinetron Heart: Series. Sinetron produksi Starvision Plus ini diangkat dari film layar lebar berjudul sama, yang dibintangi Nirina Zubir, Irwansyah, dan Acha Septriasa. Versi sinetron memang tidak diperkuat pemain asli, karena cerita mundur saat karakter Rachel, Luna, dan Farel masih duduk di bangku SD.

Yuki Kato, Irhadi Bagas, Kevin Julio dan Ranty Maria menjadi bintang cilik saat masih memerankan karakter-karakter di sini. Yuki Kato sendiri kala itu masih berusia 12 tahum saat membintangi serial ini. Kini semuanya telah menjelma menjadi bintang remaja.

Selain cerita yang masih punya benang merah dengan filmnya, visualisasi sinetron ini pun tak beda jauh dengan filmnya. Seperti film Heart, Heart Series masih dipenuhi pemandangan indah. "Walau, kami tak syuting di lokasi asli seperti di film, kami tetap pertahankan nuansa hijau," ujar Haekal. Penggambaran visual yang tak beda jauh ini, memang sengaja dilakukan. "Saya ingin agar orang beranggapan sinetronnya tak jauh beda dengan filmnya. Makanya, view yang bagus saya pertahankan," ujar Haekal.

Demi mendapatkan suasana hijau dan gambar yang memikat mata, pengambilan gambar Heart Series dilakukan di kawasan Cibodas, Jawa Barat. Kalau mau dirinci lagi, soundtrack film ini masih sama dengan filmnya. Bahkan, kalau diperhatikan poster sinetron Heart Series juga sama persis dengan poster filmnya.
Sukses di film, tak jadi jaminan sukses di sinetron. Fakta bicara, ketika Ada Apa Dengan Cinta? dibuat versi sinetron, responsnya tak sehangat filmnya. Virgin pun setali tiga uang. Virgin The Series juga tak mampu berbicara banyak. Bahkan, film hebat sekelas Arisan! pun melempem begitu dibuat versi layar kacanya.

Saat tayang mingguan setiap Selasa pukul 19.00 WIB tahun 2007 silam, ratingnya memang bagus. Heart: Series tercatat pernah menempati posisi 3 rating mingguan, dengan TVR 7,9 dan share 26,6. Ketika tayang ulang, ternyata respon pemirsa sungguh tinggi. Data kepemirsaan Senin, (10/12), Heart: Series menempati posisi 5 dengan TVR 3,5 dan share 19,1 (ABC). Padahal tayangnya non-primetime, lho. Pkl.17.00-18.00 WIB.

Meski tayang ulang dan tidak primetime, Heart: Series berhasil mengungguli Si Biang Kerok Cilik, Opera Van Java, dan Kutunggu Kau di Pasar Minggu: The Series, yang tayang primetime.
Secara umum, sinetron SCTV sedang memimpin. Selain Heart: Series, ada Love in Paris dan Si Biang Kerok Cilik juga menjadi raja di jam tayangnya.

Hanya Ustad Fotocopy yang belum mampu mengalahkan Tukang Bubur Naik Haji: The Series dan Raden Kian Santang. Kendati begitu, Ustad Fotocopy masih masuk 10 besar di segmen ABC.

***

Uniknya lagi, untuk menggambarkan perjalanan kisah cinta ketiganya, sinetron sepanjang 26 episode itu terbagi atas tiga fase, dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Uniknya, tokoh utama saat fase remaja merupakan adik para pemain Heart versi layar lebar, Hafiz Fatur (adik Irwansyah) dan Juwita Maritska (adik Acha Sepriasa). Selain alasan kemiripan, kata Haekal, keduanya sudah beberapa kali terlibat dalam produksi sinetron. Jadi mudah mengarahkan akting keduanya. "Tak kami ambil begitu saja. Sebelumnya kami kasting dulu," ucap Haekal lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar