Kamis, 20 Desember 2012

Kaledioskop : 12 Animasi Slapstick Paling Populer di Indonesia

ANIMASI bisu tanpa percakapan para tokohnya belakangan ini memang sedang booming. Kebanyakan tokoh utama dalam animasi slapstick ini adalah hewan ataupun benda-benda. Namun beberapa diantaranya ada juga yang manusia. Lantas apa kelebihan animasi slapstick dibandingkan animasi yang mempunyai percakapan di dalamnya seperti Doraemon, Spongebob Squarepants ataupun Naruto?

Dengan tidak adanya dialog, sudah pasti para kreator animasi-animasi slaptick harus mampu memunculkan kekhasannya melalui tindak tanduk para tokohnya. Para tokoh dituntut untuk mempunyai karakter unik yang mampu menarik para penonton. Penasaran apa saja dartar 10 animasi slapstick paing populer di Indonesia?


12. PINGU - B Channel



Seri yang diciptakan oleh Otmar Gutmann ini diproduksi oleh Grup Pygos dan Trickfilmstudio di Swiss. Berkisah ttg keluarga penguin di kutub Selatan dimana karakter utamanya adalah salah satu anak dalam keluarga itu yang bernama Pingu.

Acara ini hanya berlangsung selama 4 musim dari 1986-1998. Pada 1998, ada 2 episode Pingu yang dibuat namun tidak ditayangkan karena masalah jadwal. Setahun setelahnya, seri ini kembali diproduksi namun hanya ditayangkan antara iklan.

Pingu adalah serial animasi slapstick yang diciptakan oleh Otmar Guttman. Serial ini diproduksi oleh The Pygos Group dan Trickfilm Studio untuk pertelivisian Swiss. Dibuat selama 4 musim, yakni di tahun 1968 sampai 1998, lalu dimunculkan kembali pada tahun 2004 sampai 2005. Alur cerita ditulis oleh Silvio Mazzula  serta disutradarai Otmar Guttman di Trickfilm Studi Russikon, Swiss.

 Serial ini menceritakan tentang sebuah keluarga Pinguin yang tinggal di dalam rumah igloo Antartika, kutub selatan. Karakter utamanya adalah Pingu, anak sulung dari keluarga ini. Petualangannya bertambah seru dengan adanya, Pinga adik perempuan Pingu, serta Robby si anjing laut yang merupakan sahabat Pingu.

Nah Pingu sendiri paling sering direpotkan oleh ulah adiknya yang terkadang terlewat nakal atau menyusahkan sang kakak. Melalui ulah adiknya inilah biasanya Pingu melakukan berbagai hal untuk mengatasi kekeacauan yang dibuat oleh sang adik.

Ada satu hal unik yang membedakan Pingu, dengan serial animasi slapstick lainnya. Bahasa dalam film ini unik dan aneh sekali didengar. Dikatakan bahasa yang digunakan dalam animasi ini adalah bahasa penguin. Tapi meskipun tidak jelas apa yang dibicarakan, anak-anak tetap menyukainya. Ini dikarenakan, bahasa Pingu dan kawan-kawan sangat lucu didengar, sehingga kita yang menonton menjadi tertawa melihatnya. Kata yang paling sering diucapkan oleh Pingu adalah knock.. knock..

Serial animasi Pingu ini sendiri sudah disiarkan oleh 140 stasiun televisi di seluruh dunia, termasuk oleh Indonesia, dimana B Channel menjadi official broadcaster nya. Sayangnya, sekarang Pingu sendiri sudah tidak ditayangkan lagi sekarang ini.


Berikut adalah tokoh-tokoh serial animasi Pingu:


Pingu, Pinga, dan Ayah Ibu
  • Pingu, tokoh utama animasi. Anak pertama dari keluarga Pingu
  • Pinga, adik perempuan Pingu yang selalu mengikuti Pingu. Ia baru berumur 3 tahun.
  • Ayah dan Ibu, orangtua Pingu dan Pinga. Ayah adalah seorang tukang pos. Ia sangat suka membuat mainan untuk kedua anaknya. Sedangkan Ibu adalah sosok yang hangat dan selalu direpotkan dengan tingkah kedua anaknya, ia sangat suka membuat kue untuk keluarganya.
  • Kakek, sosok yang sangat menyayangi kedua cucunya Pinga dan Pingu.
  • Robby, anjing laut yang merupakan sahabat Pingu. Pertama kali ia bertemu dengan Pingu saat memancing.
  • Pingi, pinguin betina seusia Pingu yang sangat menyukai Pingu, dan juga sahabat Pingu.
  • Bajoo, jenis abonimable snowman yang pemalu, ia slelau mengenakan alat penutup telinga

11.THOSE SCURVY RASCALS - INDOSIAR



Animasi ini merupakan buatan dari Blue Zoo productions. Setiap episodenya hanya berkisar sekitar 3.5 menit saja termasuk dengan opening lagunya. Animasi ini tayang perdana pada Mei 2005 di channel Nickleodeon UK. Dan serialnya sendiri hanya terdiri dari 26 episode saja.
Indosiar membuat kejutan dengan menayangkan animasi slapstick yang satu ini setiap Sabtu dan Minggu Pkl.14.00 WIB di pertengahan tahun 2012. Namun sayangnya, sekarang animasi slapstick ini juga sudah tidak tayang lagi. Mungkin karena seluruh episodenya juga sudah ditayangkan semua.
Ini adalah kisah mengenai tiga bajak laut yang berpetualang bersama. Mereka berlayar dari Jamaica sampai ke Penzane, tetapi mereka tidak mau emas maupun harta karun. Yang mereka inginkan hanyalah sebuah celana dalam. Merekalah Those Scurvy Rascal.
Mereka bertiga selalu ditemani oleh seekor burung kakak tua berwarna kuning merah dalam setiap petualangannya. Setiap petualangan biasanya berakhir dengan kegagalan dan kesialan. Seperti dikejar mumi hidup ataupun dimakan ikan besar. Namun ketiganya pantang menyerah untuk mencari harta karun yang mereka inginkan, yang hanya berupa sebuah celana dalam.
Lagu openingnya yang unik sellau terngiang-ngiang di telinga. Berikut ini lirik lagu theme songnya :
They sail upon the ocean from Jamaica to Penzance,
but they don't want gold and they don't want treasure,
they only want your pants!
pants on the poop deck,
pants in the hold,
pants in the chest where there should be gold,
pants in the crows nest,
pants at sea,
and a big pair of pants where the sail should be-
those scurvy rascals!
10.THE OWL - MNCTV
Di sebuah hutan yang diisi oleh burung pelatuk yang nakal, katak yang suka pamer, dan kunang-kunang yang sadis - mereka bersama-sama akan menyusahkan seekor burung hantu Pink kecil ini.
Apakah dia mencari masalah atau masalah yang mencari dia? Tetapi, burung hantu kecil ini akan selalu sial. Situasi yang tidak berbahaya sekalipun dapat menjadi kejadian tidak terduga yang buruk.Sifat si burng hantu yang tempramen juga sering kali menempatkannya dalam keadaan berbahaya dan berujung kesialan. Parahnya lagi, setiap kesialan itu pasti mengakibatkan satu persatu bagian tubuhnya menggelinding atau terpisah dari tubuhnya. Animasi slapstick ini tayang di MNCTV sesekali waktu. Hebatnya, si burung hantu ini pernah menjadi tayangan no.1 semasa masih ditayangkan di early primetime MNCTV.
9.NONO FOREST - MNCTV
Manusia gua, humoris dan penuh dengan pesta!! Bergabunglah dengan pahlawan kita, Abu dan teman-temannya yang mencoba bertahan hidup ditengah-tengah hutan belantara. Hidup tidaklah mudah untuk orang kikuk ini, namun justru membuat kelucuan. Komedi slapstick tanpa dialog ini menampilkan kelucuan-kelucuan yang terjadi di zaman purba dahulu.

Kadang kala mereka berburu babi hutan dan mengejar-ngejar babi-babi tersebut hingga jatuh bangun. Namun tak jarang mereka menemukan hal baru, yang bagi kita itu adalah hal biasa di masa sekarang ini.

8.JACK & MARCEL - INDOSIAR
























Banyak kejadian yang tak terduga dapat terjadi disini. Kisah pertemanan antara 2 mahluk mini yaitu Jack si anjing yang lucu dan Marcel si kucing yang manja. Kadang mereka berteman baik, kadang mereka bermusuhan. Penonton dari semua kategori umur pasti terhibur melihat tingkah laku mereka berdua

Uniknya, walaupun anjing dan kucing biasanya berukuran sedang, maka dalam animasi ini, bahkan kodok pun lebih besar dari mereka. Mereka berukuran sangat mini, sampai-sampai bisa diterbangkan oleh angin ketiak mereka menginjak daun yang ditiup angin.

Pola tingkah lucu mereka tak ayal membuat penonton menjadi terpingkal-pingkal saat menyaksikan tingkah mereka. Terlebih lagi saat si kucing, Marcel, yang lebih sering menerima kesialan karena sikap jahilnya pada Jack, si anjing mini.


7.VICKY & JOHNNY - GLOBAL TV, MNCTV



Vicky & Johnny tayang perdana di Global TV pada Pkl.18.30 WIB, namun respon penonton terbilang biasa saja. Namun begitu ditayangkan oleh MNCTV, ratingnya langsung melejit hingga mamu mendominasi 5 besar kala itu.

Ceritanya berkisar tentang persaingan sengit antara 2 karakter utamanya sendiri yaitu Vicky yang jutek dan Johnny yang ceroboh. Vicky adalah sosok gadis yang kuat, terkadang bahkan kekuatannya tersebut sering membuat susah Johnny yang jahil dan iseng. Sementara itu, Johnny adalah sosok yang ceria dan penuh dengan ide-ide gilanya. Tak heran jika Johnny sering mengalami kesulitan akibat ide gilanya tersebut. Mereka hidup di sebuah kota boneka, dimana penduduknya berjalan atau berlari dengan menggunakan lompatan per yang berada di bawah kaki mereka.

6.Chaplin & Co



Chaplin adalah seorang pemimpi sejati yang selalu melihat sisi terang dalam kehidupannya. Bersama dengan teman baiknya, the Kid, mereka selalu membuat diri mereka kedalam masalah-masalah yang ada dengan kelucuan dan kekonyolan yang dilakukan oleh Chaplin. Chaplin sering merecoki berbagai urusan orang lain dan sering menyebabkan kekacauan untuk hal tersebut.

Chaplin and co ini sendiri di muat dari komedian yang bernama Charlie Chaplin persis seperti nama kartun tersebut. Sir Charles Spencer Chaplin, Jr. adalah nama lengkapnya ia lahir di East Street, Walworth, London, 16 April 1889 dan meninggal di Vevey, Swiss, 25 Desember 1977 pada umur 88 tahun. Dia adalah aktor komedi Inggris yang merupakan salah satu pemeran film terkenal dalam sejarah Hollywood di era film hitam putih, sekaligus sutradara film yang sukses. Aktingnya di layar hitam putih menjadikan Charlie Chaplin sebagai salah satu artis pantomim dan badut terbaik yang sering dijadikan panutan bagi seniman di bidang yang sama.

Ciri khas Chaplin adalah sering memerankan karakter "The Tramp", seorang gelandangan berpotongan kumis petak yang memiliki etiket dan martabat seorang bangsawan. Kostum berupa jas kesempitan, celana panjang yang kebesaran, serta ke mana-mana membawa tongkat dan memakai topi tinggi.

Film-film awal Chaplin diproduksi pada tahun 1914 di Keystone Studios yang merupakan tempat Chaplin belajar teknik pembuatan film, sekaligus mengembangkan karakter Tramp. Chaplin pertama kali memperkenalkan karakter Tramp kepada publik melalui film keduanya, Kid Auto Races at Venice (diedarkan 7 Februari 1914) dan film ketiganya Mabel's Strange Predicament (9 Januari 1914).

Charlie Chaplin adalah komedian yang mungkin sangat tidak di ketahhui anak-anak tapi lewat postingan ini saya mengharapkan pada generasi muda lebih tahu mengenai sejarah yang membuat kita lebih memperoleh kemudahan di masa sekarang seperti sudah adanya film yang tidak lagi hitam pu

5. MINISCULE - INDOSIAR, MNCTV




Sejatinya Minuscule tayang perdana di Indosiar pada awal tahun 2012 yang lalu. Pada saat itu Miniscule hadir secara weekly yaitu setiap Sabtu dan Minggu Pkl.14.00 WIB. Baru sebulan tayang, slotnya kemudian silih berganti diisi oleh Galaxy Superstar (rerun) dan saat ini diisi oleh program bertajuk Aseli Indonesia yang digawangi oleh Rina Nose.

Miniscule pindah ke stasiun TV MNC TV. Awalnya mengisi slot tayang Pkl.18.45 WIB. Namun karena adanya sinetron baru MD bertajuk Dewi Bintari maka jam tayangnya dimajukan menjadi Pkl.18.15 WIB. Durasinya sendiri begitu singkat, hanya berkisar sekitar 5-8 menit karena berbagi slot dengan animasi Vicky & Jhonny.
Miniscule adalah sebuah tayangan animasi asal Perancis. Miniscule pertama kali mengudara pada tanggal 25 Oktober 2006 di stasiun TV French 2 dan juga Disney Channel. Saat ini hak siar Miniscule telah terjual di lebih dari 70 negara seperti Finlandia, Amerika, Inggris, Kanada, Belanda, Korea, Jerman, Indonesia, Australia dan masih banyak lagi. Miniscule termasuk dalam animasi slapstick dimana tokoh sentral ceritanya adalah para serangga-serangga yang berkelakuan lucu dan menggemaskan. Setiap cerita hanya berkisar antara 2-5 menit. Bermacam tokohnya antara lain adalah seperti ulat, kumbang, laba-laba, lalat dan masih banyak lagi. Kelakuan serangga-serangga ini bermacam-macam. Mulai dari adu balap sesama serangga, perebutan makanan, sampai dengan rebutan nonton acara TV, seperti yang dilakukan antara si laba-laba dan juga si lalat. Tingkah menggemaskan para serangga inilah yang menjadi daya tarik utama dari animasi ini.

Miniscule adalah animasi produksi Futurikon dimana dalam pengambilan videonya Serangga dibuat dalam model 3D di habitat alaminya dengan cuplikan live. Jadi untuk latar tempatnya sendiri adalah benar asli


Tapi bila membandingkan ratingnya, Miniscule meraih rating yang lebih tinggi ketika tayang di MNC TV. Ratingnya sering menempati posisi 10 besar daily. Seperti saat rating kamis (24/5) kemarin, Miniscule yang tayang di MNC TV menempati peringkat 10 dengan tvr 2.5 dan share 11.1%. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan mengingat MNC TV sudah lekat dengan tayangan animasi yang memang sempat menajdi andalannya
Serial ini unik karena menggabungkan pemandangan nyata dengan karakter-karakter animasi. Serangga menjadi tokoh utama disini, dimana kehidupan sehari2 merekalah yang diangkat menjadi tema cerita. Audio yang ditampilkan dijamin bisa menambah hidup jalan ceritanya. Audio adalah kombinasi dari serangga asli dan efek suara seperti mobil, helikopter, mesin pesawat, disentis buzzing dll. Pengaturan background sebagian besar adalah pedesaan Prancis (mengingat negara asal Minuscule adl Prancis), termasuk rumah pertanian, pagar, mobil, permukaan jalan, saluran air, selokan dan bak sampah.

4. OSCAR OASIS - MNCTV
 






Animasi slapstick ini berasal dari Prancis, serial ini telah tayang sejak 2008 silam. Buat pelanggan TV berbayar, mungkin sudah lebih dulu akrab dengan animasi ini. Disney Channel Asia resmi menayangkan sejak akhir Februari silam. Animasi yang di Eropa dikenal dengan judul Oscar juga telah tayang di Italia, Inggris, Canada, Amerika Selatan, Korea dan Hong Kong. Pada tahun 2008, Oscar’s Oasis hanya dibuat 7 episode dengan durasi sekitar 90 detik. Baru pada 2010 dibuat versi dengan durasi rata-rata 7 menit per episode, dengan total 78 episode.


Oscar’s Oasis berkisah tentang petualangan Oscar, seekor kadal yang selalu menjelajah gurun pasir bersama 3 penghuni padang pasir lainnya : Buck (burung pemakan bangkai), Harchi (seekor hyena, beberapa situs menyebutnya Harachi) dan Poppy (musang betina). Ketiganya selalu mengikuti kemanapun Oscar pergi. Mereka juga selalu ingin mengambil apa yang diperoleh Oscar. Namun Oscar selalu lebih cerdik dan gesit menghalangi niat buruk mereka.


Tujuan Oscar sebenarnya sederhana, mencari air untuk minum, tempat berteduh dan sesuatu untuk dimakan. Namun misi itu menjadi sulit karena ia tinggal di gurun pasir yang gersang. Tidak lupa, di awal tiap episode selalu diperkenalkan nama masing-masing tokoh dengan nama karakter tokohnya.

3.BERNARD BEAR - MNCTV




Animasi pendek berdurasi sekitar 3 menit ini diproduksi oleh RG Animation Studios asal Korea dengan kerjasama BRB Internacional SA dari Spanyol dan M6 Metropole Televicion dari Prancis. Style animasi ini adalah kombinasi antara computer-generated and cel animation. Ceritanya ditulis oleh tim kreatif Screen21 dari Spanyol dan disutradari oleh José Luis Ucha dan Claudio Biern Lliviria.

Serial yang pertama terbit tahun 2007 ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari seekor beruang kutub bernama Bernard lengkap dengan semua kekonyolan yang dilakukannya. Setiap episode akan kita lihat keluguan Bernard dalam menyelesaikan masalah dengan tambahan beberapa adegan slapstick. Interaksi Bernard paling sering dengan Eva si Penguin. Eva selalu beruntung, namun Bernard slelau berakhir dengan keapesan.


Serial animasi slapstick ini pernah dinominasikan untuk beberapa international awards, termasuk Best Animation Series di Sttugart Festival of Animated Film (2006), Mipcom Jr. Licensing Challenge Award (2004), Prize in Children and Education di Dong A International Festival of Cartoon and Animation (2004) dan menjadi finalis dalam Annecy International Animation Festival (2003). Sebuah bukti bahwa animasi slapstick tidak hanya bisa mengundang tawa tapi juga mendulang prestasi.

Saat ditayangkan MNCTV, Bernard Bear mampu menjadi acara yang paling banyak ditonton di MNCTV dan meroketkan animasi slapstick di Indonesia.

2.LARVA - RCTI

 

Larva adalah salah satu animasi buatan negeri ginseng Korea yang akhirnya terpilih mengisis slot untuk anak-anak di Minggu pagi. Sebelum menetap di jam tayangnya Pkl.08.30 WIB sekarang ini, Larva pernah tayang di slot jam 7 pagi serta setengah lima sore. Di jam tayangnya yang sekarang, Larva berhasil mencuri perhatian penonton pagi. Sharenya di atas 20% dan bahkan TVR nya hampir menyentuh angka 3. Untuk tayangan pagi, tentu ini merupakan sebuah prestasi besar.

Lantas apa istimewanya Larva? Pada dasarnya, di Larva ini terdapat dua karakter utama, yang tak lain adalah si Kuning dan si Merah. Larva Kuning mempunyai sifat polos dan baik hati. Namun si Kuning sangat gemar makan. Saking polosnya, ketika sosok Larva Pink mendekatinya, Kuning hanya perduli pada makanannya saja. Sementara si Merah lebih ke karakter pengiri dan suka menindas si Kuning. Namun mereka berdua bersahabat baik, bahkan terkadang saling menolong.

Penonton akan dibuat terpingkal-pingkal dengan tingkah dua larva ini bersama teman-temannya yang lain. Walaupun settingnya lebih sering berfokus pada selokan, namun nyatanya, kesederhanaannya ini berhasil memancing tawa penonton.

Mengenal Karakter dalam Kartun Larva

LARVA MERAH

 
Si Kecil berwarna kemerahan ini berwatak keras dan tidak sabaran. Dia berteriak layaknya Bruce Lee dan menendangkan kakinya ke udara padahal ia tidak mempunyai kaki layaknya seperti manusia. Si Merah ini adalah tokoh yang selalu mengalami penderitaan. Kebanyakan beerawal dari keserakahannya akan sesuatu.

LARVA KUNING

 

Tokoh larva besar, si Kuning. Larva Kuning ini berjalan pelan dan rakus. Dia selalu mendengarkan si Merah namun sering kehilangan kontrol atas dirinya sendiri apabila melihat makanan.

CACING MISTERIUS (VIOLET)



Si cacing raksasa misterius menyembunyikan tubuhnya yang besar di bawah tanah dan mengamati apa yang Merah dan Kuning lakukan sampai mengeluarkan kepala kecil-nya. Ketika ia terancam, ia memperlihatkan tubuhnya yang besar serta gigi nya yang menakutkan.

SI PINK



















Karakter Larva berwarna Pink ini terbilang suka tebar pesona. Pink disukai oleh larva Merah namun Pink lebih menyukai si Kuning. Pink menyukai Kuning apa adanya, bahkan ketika Kuning buang gas pun, Pink bisa tertawa geli melihatnya.

SI KUMBANG PERKASA (BLACK)



Seperti perawakannya, si kumbang perkasa ini ditakuti oleh yang lain. Dalam sebuah episode berjudul Hot Spring, larva Kuning dan Merah yang sedang berendam di air panas harus rela angkat karena isyarat dari si kumbang yang tak menginginkan mereka berdua ada di kolam yang sama (baca : kaleng).

SI BROWN



Karakter yang satu ini yang paling jorok di antara yang lain. Brown suka menggelindingkan kotoran sehingga sering mengganggu teman-temannya yang lain. Dalam sebuah episode, bahkan si Brown membuat Kuning dan Merah tertawa terbahak-bahak karena tingkah bodohnya akan sebuah garpu dan sendok.

FISH MONSTER



Ikan yang satu ini sering kali merepotkan si Merah dan Kuning. Mereka bahkan harus mempertahankan diri dari serangan si ikan jika tidak mau menjaid mangsanya. Namun sering kali, keadaan genting ini justru memancing tawa penonton.

RAINBOW SNAIL



Snail sering menjadi sasaran kejahilan si Merah dan Kuning. Keduanya sering mengejek jalan Snail yang lamban. Namun dalam sebuah episode, Snail memuntahkan cairan pada si Merah dan Kuning yang berakibat keduanya ikut menjadi lambat. Namun dibalik itu semua, Snail tenryata bisa cepat juga ketika ia bergulung di cangkangnya, ia jauh meninggalkan duo larva yang jahil.

1.SHAUN THE SHEEP - B CHANNEL, MNCTV




Animasi yang tayang perdana di TV Inggris pada Maret 2007 ini diproduksi CBBC, Inggris.
Shaun The Sheep memotret domba atau biri-biri yang cerdas, kreatif dan bisa melakukan kegiatan layaknya manusia dengan seting sebuah peternakan.

Setiap episodenya berisi banyolan slapstick. Tak ada dialog dalam animasi berjumlah 80 episode ini. Bahkan kalau pun muncul karakter manusia, tak ada dialog yang terucap. Kadang hanya terdengar suara tokoh menghela nafas atau melengos, untuk mengekspresikan emosi karakter.

Di Indonesia, ratting acara ini bahkan pernah mengalahkan beberapa sinetron yang menjamur di channel TV lain. Saat ini, Shaun The Sheep masih tayang di B Channel setiap hari Pkl.16.30 WIB, dan di MNCTV Setiap hari Pkl.07.00 WIB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar