Selasa, 04 Desember 2012

RATING REPORT : Si Biang Kerok Cilik Ungguli Si Alif 2, Bukan Salah Takdir Melorot Tajam

PENIKMAT sinetron kembali dimanjakan dengan hadirnya dua sinetron baru yang tayang perdana secara bersamaan pada Senin (3/12) di slot jam 6 sore. Dua sinetron terbaru ini yaitu Si Biang Kerok Cilik (SCTV) dan Si Alif Season 2 (MNCTV). Uniknya dua sinetron yang baru tayang ini sama-sama merupakan sekuel dari sinetron terdahulunya dan juga sama-sama bergenre sinetron anak.

Lalu mana yang lebih unggul? Untuk episode perdana semalam (3/12), Si Biang Kerok Cilik berhasil mengungguli rivalnya, Si Alif Season 2.  Di segmen ALL, sinetron produksi Screenplay ini menempati posisi 5 dengan TVR 4 dan share 18,4. Angka yang tinggi, mengingat penghuni slot sebelumnya; Super ABG dan FTV, sharenya kerap di bawah 15.
Episode perdana Si Biang Kerok Cilik juga berhasil mematahkan dominasi Sinetron SinemArt milik RCTI, Kutunggu Kau di Pasar Minggu The Series, yang selama ini memimpin kategori sinetron slot Pkl.18.00 WIB. Sinetron yang tayang di RCTI itu kemarin berada di posisi 9 dengan TVR 3,4 dan share 15,2. Sementara episode perdana Si Alif Season 2, harus puas menempati posisi 15 dengan TVR 2,4 dan share 11,1.

Selain Si Biang Kerok Cilik dan Kutunggu Kau di Pasar Minggu, Si Alif Season 2 juga belum mampu mengalahkan Pesbukers (ANTV) dan Hitam Putih (Trans 7) yang tayang bebarengan.

Namun di jam yang sama, Si Alif Season 2 masih lebih unggul dibanding Bukan Salah Takdir (Indosiar). Sejak tayang primetime kemudian cerita dan pemainnya dirombak, sinetron produksi Gentabuana Paramita ini ratingnya tak stabil. Semalam menempati posisi 39 dengan TVR 1,6 dan share 7,1. Tentu angka ini jauh lebih rendah dibandingkan saat tayang di slot pagi terdahulu. Pemindahan jam tayang Bukan Salah Takdir ini nampaknya sebuah kesalahan. Slot 2 jam penayangan sinetron ini juga rasanya tidak tepat diterapkan. Rata-rata sinetron lain hanya berdurasi 1 jam saja, Indosiar perlu mengkaji ulang slot sinetronnya agar tak berlebihan dan bisa bersaing dengan sinetron yang tayang di stasiun TV lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar