Senin, 17 Desember 2012

Wow! 5 CM, 5 Hari, 521.473 Penonton

FILM Indonesia tengah lesu saat sekarang ini. Tahun ini saja, hanya film The Raid yang mampu menembus angka satu juta penonton. Peringkat kedua Box Office Indonesia tahun ini diraih oleh Negeri 5 Menara yang harus puas terpaut lebih dari satu juta penonton dengan The Raid dengan total penonton 765.245.

Angin segar untuk perfilman Indonesia nampaknya muncul lagi di akhir tahun 2012 ini. Melalui film 5 cm, film ini berhasil memikat banyak penonton. Hanya dalam kurun waktu 5 hari, 5 cm berhasil mengumpulkan lebih dari 500.000 penonton.

Film ini memecahkan rekor. Mulai tayang di 78 layar, dan empat hari kemudian tayang di 188 layar, jumlah yang biasanya dipakai oleh film blockbuster Hollywood. Bahkan ada bioskop yang merelakan tiga layarnya khusus untuk film ini (antara lain: Gading – Jakarta, Mega Bekasi – Bekasi, dan Ciwalk – Bandung), dan sekitar 40 bioskop menggunakan dua layar. Dalam lima hari pertama tayang meraih 521.473 penonton.
Ceritanya mengenai lima sahabat, Arial (Denny Sumargo), Ian (Igor Saykoji), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah), Genta (Fedi Nuril), yang sudah berteman bertahun-tahun akhirnya memutuskan “break” sebentar untuk sepakat bertemu tiga bulan kemudian. Selama tiga bulan itu, mereka berlima tak saling komunikasi.

Genta yang punya ide itu mengumpulkan sahabat-sahabatnya, plus adik Arial, Arinda (Pevita Pearce) yang minta ikut, di stasiun kereta Pasar Senen. Mereka berenam berangkat menuju Malang lalu melanjutkan perjalanan terakbar dalam hidup mereka: menaklukkan puncak tertinggi Jawa, puncak Mahameru.
Di sini filmnya mampu memperlihatkan bukti nyata pada kita semua kalau negeri ini memang sangat indah. Rizal hampir tak perlu melakukan apapun kecuali mensyut gambar-gambar indah tersebut.

Lalu setelah semua ketegangan pendakian, kita melihat para tokoh kita menaikkan bendera merah putih dan masing-masing mengucap janji kesetian dan cinta pada tanah air. 5 cm., dengan penyajian yang asyik telah menyodorkan kita satu tesis lagi tentang nasionalisme keren kalangan muda. Mereka mencerminkan gerakan sosial saat ini yang tetap bangga pada Indonesia, meski negeri ini selalu dalam status salah urus.

***

Sampai dengan saat ini, 5 cm amat berpotensi meraih jumlah penonton hingga 1 juta penonton, mengingat di 5 hari pertamanya saja sudah mencapai pencapaian luar biasa seperti ini. Bahkan film Bidadari-Bidadari Surga yang dibintangi oleh Nirina Zubir dan Rizky Hanggono belum menyentuh angka 100.000 penonton, film Nirina ini baru mencapai 60.864 penonton. Padahal ekspetasi terhadap film ini lumayan besar mengingat Bidadari-Bidadari Surga diangkat dari novel best seller.

Jadi, sudah siap bernasionalisme ria bersama 5 cm? Yuk segera ke bioskop-bioskop terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar