Sabtu, 13 April 2013

"School 2013", Realitas Kenakalan Siswa SMA Yang Tetap Ayik Ditonton Tanpa Bumbu Cinta

APAKAH tetap asyik menyaksikan sebuah drama tanpa balutan kisah cinta? Jika saya ditanya mengenai drama School 2013 yang hadir tanpa bumbu cinta, saya akan menjawab tetap asyik tuh. Di School 2013, kita tidak akan menemukan kisah cinta yang mengharu biru atau bikin gregetan, karena drama ini berfokus pada realitas kenakalan para siswa SMA di sekolah Seungri di Korea. Dengan tidak adanya kisah cinta tersebut, maka penulis skenarionya lebih bisa mengembangkan pada detail-detail yang mengejutkan.

Drama Korea yang satu ini sebenarnya merupakan generasi kelima dari drama seri terkenal bertajuk School. Memang tidak terdapat relevansi cerita antara School 2013 dengan seri-seri sebelumnya, ceritanya berdiri sendiri dengan didukung cast-cast baru.

Sekilas mengenai School. Season pertamanya tayang pada tahun 1999. Pada season pertamanya, kita dapat menemukan Jang Hyuk (Thank You) dan Choi Kang Hee (Protect The Boss) dalam balutan pakaian sekolah. Tentu saja tidak aneh, mengingat serial ini sudah tayang lebih dari 1 dekade yang lalu. Season keduanya tayang di tahun yang sama dan dibintangi Ha Ji Won (The King 2 Hearts), Shim Ji Ho (Sorry I Love You), Kim Rae Won (Sorry I Love You) bahkan sampai dengan Lee Dong Wook (My Girl).

Season 3 nya turut diperkuat Jo In Sung (That Winter The Wind Blows), Lee Dong Wook (Wild Romance) sampai dengan Oh Soo Min (Queen of Reversal). Sedangkan di season keempatnya, Yeo Wook Hwan (Summer Story), Im Soo Jung (Sorry I Love You), sampai dengan Gong Yoo (Coffee Prince) turut memperkuat drama ini.

Berkaca pada empat season pendahulunya, jelas sekali jika bintang-bintang lulusan School Season 1 - Season 4 kini sudah mempunyai nama di insudtri hiburan Korea. Bintang kelas utama seperti Ha Ji Won, Lee Dong Wook, Jang Hyuk, Choi Kang Hee, Jo In Sung, Kim Rae Won sampai dengan Gong Yoo berawal sukses dari drama School ini. Bukan tidak mungkin jika bintang-bintang School 2013 seperti Lee Jong Suk, Park Se Young, Hyo Young, Kim Woo Bin dan sederet cast lainnya, dalam beberapa tahun mendatang sudah menjelma menjadi bintang kelas utama seperti para seniornya tersebut.

School 2013 diperkuat Jang Nara dan Daniel Choi sebagai guru dari para murid-murid di sebuah sekolah tinggi di Korea. Di sini, Jang Nara berperan sebagai Jung In Jae yang merupakan guru sastra yang sangat peduli dengan para murid-muridnya. Sedangkan Daniel Choi berperan sebagai Kang Se Chan yang juga merupakan guru sastra yang terkenal namun bersikap dingin pada para muridnya.

Go Nam Soon (Lee Jong Suk) adalah siswa dari Sekolah Menengah Umum Seungri yang bekerja serabutan di malam hari. Saat pagi hari ia berangkat ke sekolah dengan menggunakan bus. Saat di dalam bus ia pun mengalah dan memberikan tempat duduknya pada Oh Jung Ho (Kwak Jung Wook) yang ditemani dua teman setianya bernama Lee Yi Kyung (Lee Yi Kyung) dan Lee Ji Hoon (Lee Ji Hoon).

Berlanjut ke sekolah, saat hendak memasuki gerbang, tiga sekawan berandal ini kembali mengganggu Go Nam Soon. Kali ini mereka memalak Nam Soon, dan dengan sukarela Nam Soon memberikan uangnya. Terlihat jika Nam Soon tidak ingin bermasalah dengan geng bermasalah di kelas mereka tersebut.

Konflik mulai terjadi saat Jung In Jae (Jang Nara) ditunjuk menjadi wali kelas II yaitu kelas Go Nam Soon dan kawan-kawan. Kebanyakan guru kewalahan mengatur murid-murid yang ada di kelas tersebut karena benar-benar bukan merupakan kelas unggulan.

Di kelas tersebut, Oh Jung Ho mulai membuat masalah karena tidak ingin memberikan handphonenya yang akan disita oleh Guru Jung. Tentu saja Oh Jung Ho membangkang dan malah melawan Guru Jung. Di lain kesempatan, Guru Jung mendapati Jung Ho memotong antrian ketika hendak mengambil makan siang, melihat kelakuannya, Guru Jung akhirnya menampar Jung Ho. Jung Ho berang dan hendak memukul Guru Jung namun dicegah oleh Nam Soon yang tidak tahan lagi akan sikap Jung Ho. Selanjutnya, Jung Ho memang sering membuat masalah dan hampir dikeluarkan dari sekolah.

Sementara itu, Nam Soon akhirnya terpilih menjadi ketua kelas menggantikan Kim Min Ki (Choi Chang Yub). Walaupun tidak menginginkan hal ini, Nam Soon tidka dapat lagi mengelak. Nam Soon dikejutkan dengan kedatangan seorang kawan lamanya yang bernama Park Heung Soo (Kim Woo Bin). Nam Soon terus teringat dengan bayangan saat dirinya di bully oleh Park Heung Soo.

Di sekolah Seungri sendiri kedatangan seorang guru baru bernama Kang Se Chan (Daniel Choi) yang diharapkan mampu meningkatkan prestasi sekolah tersebut, karena selama ini hanya menempati peringkat 149 dari 178 sekolah di Seoul. Selanjutnya, bersama Guru Jung, Guru Kang akhirnya menjadi wali kelas 2-2. Siswa pun dikejutkan karena mempunyai 2 wali kelas. Guru Kang pun meminta jika dirinya hanya ingin berhubungan dengan prestasi siswa 2-2 saja, sedangkan urusan lainnya akan ditanggung oleh Guru Jung.

Di sekolah, Go Nam Soon bersikap sangat baik pada Park Seung Hoo. Ia bahkan membelikan roti dan membawa tas Seung Hoo. Hal ini menjadi pergunjingan murid-murid lain di kelas tersebut jika sebenarnya Nam Soon ingin mencari sekutu dengan bergabung bersama Seung Hoo. Namun ternyata hal itu dilakukan oleh Nam Soon karena merasa bersalah pada Seung Hoo di masa lalu. Seung Hoo pun selalu bersikap sinis pada Nam Soon saat Nam Soon berusaha mendekatinya lagi.

Peran Guru Jung dan Guru Kang dalam menyelesaikan masalah-masalah siswanya sangatlah besar. Guru Kang kagum akan kepedulian Guru Jung yang amat mendalam pada murid-murid kelas 2-2. Diam-diam, Guru Kang pun menaruh kagum akan sikap Guru Jung tersebut.

Selain daripada kasus Go Nam Soon, Oh Jung Hoo dan Park Seung Hoo, fokus cerita School 2013 juga ada pada tokoh Song Ha Kyung (Park Se Young) yang dingin. Ha Kyung dekat dengan Nam Soon dan diam-diam juga peduli pada Nam Soon walaupun selalu beralasan jika semua itu dilakukan karena kepentingan dirinya sendiri. Masalah Ha Kyung juga sering timbul dengan sahabatnya sendiri yaitu Lee Kang Joo (Hyo Young). Sering timbul kecemburuan yang berhubungan dengan prestasi mereka di sekolah. Namun pada akhirnya semua masalah itu semakin mendekatkan mereka.

Tokoh lain yang juga turut mendapat porsi besar adalah Kim Min Ki (Choi Chang Yub). Di sini, Min Ki digambarkan adalah seorang murid yang jenius yang pemalu. Min Ki selalu mendapat tekanan dari sang ibu yang menginginkan anaknya sempurna dalam segala mata pelajaran. Ibu Min Ki juga yang senantiasa membuat masalah dengan mendatangi kepala sekolah untuk membahas hal-hal yang menghambat jalannya Min Ki. Namun suatu kejadian mengubah pandangan sang ibu. Guru. Min Ki hampir tewas saat hendak bunuh diri dengan terjun dari atap sekolah karena tidak tahan lagi dengan tekanan dari sang Ibu.

Satu persatu masalah diselesaikan dengan wajar. Oh Jung Ho yang urakan perlahan mulai berubah menjadi sedikit penurut berkat Guru Jung yang berhasil menyentuhnya. Guru Jung senantiasa berada di samping para muridnya ketika mereka dalam kesusahan. Guru Jung berhasil membuktikan jika ketulusan itu di atas segalanya. Bahkan berhasil mengubah Guru Kang yang dingin menjadi lebih peduli pada murid-muridnya.

Masalahnya, Guru Jung akan meninggalkan Sekolah Seungri saat kepala sekolah menilai kinerjanya yang tidak begitu bagus. Para siswa pun mebuat petisi agar Guru Jung tetap mengajar di Seungri. Bagaimana akhir kisahnya? Akankah Guru Jung tetap bertahan di sekolah tersebut? Dan akankah Seung Hoo memaafkan Nam Soon dan kembali berteman seperti dulu lagi?

***

School 2013 memang tidak mengangkat masalah percintaan. Drama ini lebih cenderung fokus pada pendekatan guru dan murid dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di sekolah seperti pembullyan serta kenakalan-kenakalan siswa SMA lainnya. Selamat menyaksikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar