Jumat, 14 Juni 2013

"Reply 1997", Asyiknya Nostalgia Remaja SMA Tahun 1997-an

JARANG ada drama yang sepanjang ceritanya mengisahkan kilas balik dari suatu kejadian. Tapi di dalam drama Korea Reply 1997, hal ini justru menjadi sajian utama dari keseluruhan ceritanya. Reply 1997 mencetak rekor sebagai drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang sejarah drama-drama yang tayang di tv kabel. Episode terakhirnya memecahkan rekor dan rata-rata rating 6.22% saat ditayangkan di tvN dan 7.55% saat digabungkan dengan rating di tv kabel lainnya. Salah satu indikasi kesuksesannya juga, drama yang awalnya hanya tayang di tvN saja, mendadak ditayangkan di beberapa saluran tv kabel lainnya setelah meraih simpati besar dari penonton.
Ceritanya sebenarnya sangat sederhana. Enam sahabat semasa bangku SMA mengadakan reuni di sebuah restoran dan akhirnya reuni tentang kejadian-kejadian di masa SMA mereka. Adegan pembuka biasanya dimulai dari cerita-cerita mereka di restoran serta terbukanya satu per satu teka-teki yang ada di masa SMA. Enam sahabat ini adalah Sung Shi Won (Jung Eun Ji), Yoon Yoon Jae (Seo In Guk), Moo Yoo Jung (Shin SoYool), Kang Joon Hee (Hoya Infinite), Do Hak Chan (Eun Ji Won), Bang Sung Jae (Lee Shi Un).

Sung Shi Won dan Yoon Yoon Jae sudah saling mengenal bahkan dari mereka lahir. Hal ini karena orang tua mereka yang memang berteman baik. Tidak seberuntung Shi Won, orangtua Yoon Jae sudah meninggal. Yoon Jae hidup bersama dengan sang kakakYoon Tae Woong (Song Jong Ho). Yoon Jae dan Jong Ho pun sudah dianggap seperti anak sendiri oleh orangtua Shi Won. Terlebih lagi Jong Ho adalah kekasih Sung Song Joo (Kim Ye Won), kakak perempuan Shi Won. Sayangnya, Song Joo meninggal dalam suatu kecelakaan. Walaupun seperti itu, orangtua Shi Won tetap menganggap Tae Woong dan Yoon Jae sebagai anak sendiri.

Yoon Jae mulai merasakan cinta pertamanya saat melihat Shi Won yang berdandan saat pertama kali hendak masuk ke bangku SMA. Pada saat itu, Yoon Jae merasa Shi Won sangat cantik. Sejak dari itu, Yoon Jae memendam perasaannya pada Shi Won tanpa Shi Won ketahui. Karena ini juga, Yoon Jae selalu menolak setiap kali ada gadis lain yang menyukainya, padahal Yoon Jae sendiri mempunyai paras yang tampan serta tergolong pandai di sekolahnya.

Di sekolah, Yoon Jae juga ditaksir sahabatnya sendiri. Ia adalah Kang Joon Hee. Joon Hee adalah seorang siswa laki-laki. Yah, ini memang bukan merupakan cinta yang normal. Namun Joon Hee sudah menyukai Yoon Jae semenjak pertama kali melihatnya membangkang dari guru. Cinta Joon Hee tidak pernah ia sampaikan pada Yoon Jae karena tidak ingin merusak persahabatan mereka. Karena Joon Hee lebih memilih untuk terus bersama Yoon Jae dibanding kehilangan Yoon Jae sata ia menyatakan perasaan yang sesungguhnya.

Moment yang paling Memorable dari Joon Hee adalah pada saat dirinya ditanya oleh Yoon Jae apakah menyukai seseorang dan apakah Yoon Jae mengenalnya. Joon Hee menjawab bahwa Yoon Jae mengetahui orang itu dan mengenalnya. Di sebuah lapangan, bahkan ketika Yoon Jae menanyakan siapa orang tersebut, Joon Hee menyebutkan jika itu adalah Yoon Jae. Namun Yoon Jae hanya menganggap omongan Joon Hee tersebut adalah sebuah candaan.

Yoon Jae menganggap jika Joon Hee menyukai Shi Won karena selama ini, Joon Hee sangat dekat dengan Shi Won. Shi Won sendiri tahu jika Joon Hee menyukai Yoon Jae dan tetap menjaga rahasia tersebut untuk selamanya.

Ada juga kisah cinta Mo Yoo Jung dan Do Hak Chan yang unik. Awalnya, Yoo Jung menyukai Yoon Jae dan terus berusaha mendekati Yoon Jae. Namun suatu kejadian menyadarkan Yoo Jung, bahka cintanya pada Yoon Jae hanya bertepuk sebelah tangan. Di saat sedang sedih itu, Hak Chan yang merupakan murid baru di sekolah mereka itu menghiburnya dan selalu ada di sampingnya. Mereka pun akhirnya berpacaran walaupun sering putus-nyambung. Ada saja kejadian-kejadian kecil yang membuat Yoo Jung memutuskan ikatannya dengan Hak Chan, namun tidak lama setelah putus, mereka pun kembali berpacaran.

Kisah jomblonya Bang Sung Jae juga sering membuat gelak tawa terpancing. Sung Jae yang menyukai salah seorang siswi di kelasnya juga selalu berakhir kegagalan yang konyol. Selain itu orangtua Shi Won di sini juga mencuri perhatian karena keunikan karakter mereka. Sung Dong Il, Ayah Shi Won, selalu terlibat perang mulut dengan Shi Won, walaupun begitu, hubungan mereka sangatlah baik. Namun Ayah Shi Won pernah menggunting rambut Shi Won saat ia merasa tak menyukainya, bahkan ia merobek poster-poster personil boyband H.O.T yang di tahun 1997 sangat terkenal karena Shi Won yang malas belajar dan hanya menggilai H.O.T saja.

Di kala itu, Shi Won memang merupakan penggila H.O.T dan sudah tergabung dalam fans di Busan. Ia bahkan sering bolos sekolah atau pulang larut malam untuk menghadiri berbagai acara yang menghadirkan H.O.T. Yoon Jae dan Tae Woong pun sering direpotkan untuk menutupi ini dari orangtuanya.

Konflik makin rumit, saat ternyata, Tae Woong juga menyukai Shi Won. Yoon Jae yang mengetahui hal ini akhirnya malah mengalah pada sang kakak, dan memilih untuk tak bertemu dengan Shi Won lagi. Bahkan setelah bertahun-tahun kemudian, Yoon Jae berusaha menghindar setiap kali di ajak bertemu Shi Won. Sebuah kejadian sebenarnya menjadi salah satu penyebabnya, saat itu, Yoon Jae mengakui perasaannya pada Shi Won di sebuah tempat karaoke, namun Shi Won mengatakan jika ia hanya ingin berteman dengan Yoon Jae. Yoon Jae pun tidak pernah menemui Shi Won lagi setelah itu.

Beberapa tahun kemudian, Yoon Jae sudah menjadi hakim terkenal dan Tae Woong sudah menjadi seorang pengusaha kaya. Shi Won sendiri bekerja sebagai penulis berkat hobinya menulis fiksi mengenai cerita personil H.O.T. Shi Won pun pada akhirnya menyadari jika ia juga menyukai Yoon Jae.

***

Untuk penonton yang remaja di era 1990-an ke atas pasti bernostalgia dengan beberapa hal yang memang sedang populer pada saat itu seperti Tamagochi dan masih banyak lagi.

Teka-teki di setiap episode selalu mengundang penasaran. Karena ternyata di tahun 2012, Shi Won sudah menikah. Siapa yang dinikahi oleh Shi Won? Apakah Yoon Jae atau Tae Woong? Bagaimana pula akhirnya kisah cinta Joon Hee pada Yoon Jae? Saksikan sendiri keseruannya dengan menontonnya lansgsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar