Minggu, 16 Juni 2013

5 Sinetron Berlatar Balas Dendam Sang Karakter Utama

DISAKITI dan lantas kembali membalas perlakuan tokoh para antagonis adalah tema yang sudah sering diangkat ke layar kaca. Tema ini seolah tidak pernah padam dan selalu diangkat lagi dalam berbagai judul sinetron.

Dalam kesempatan kali ini kami hanya mengangkat lima judul sinetron paling diingat dari tema ini sendiri. Fokusnya sendiri adalah pada sinetron-sinetron yang mempunyai latar cerita yang sama, dikira sudah meninggal dan kemudian kembali dengan identitas yang lain untuk membalaskan dendam.

5.Hikmah Season 2 (RCTI)



Keputusan untuk melanjutkan cerita Hikmah ke season keduanya sangatlah tepat. Padahal Hikmah Season 1 ratingnya adem ayem saja. Konflik utama di Hikmah 2 adalah penyamaran Ana (Tamara Bleszynski) untuk menyelamatkan harta keluarga suaminya.

Hikmah 2 mengisahkan kebahagiaan Ana (Tamara Bleszynski) dan Adrian (Teuku Ryan) yang hidup bersama Ibu Ratna (Nenny Triana) dan Arman (Gunawan), kakak Adrian. Kebahagiaan mereka bertambah lengkap dengan rencana pernikahan Arman dengan Livia, gadis pilihannya. Namun hidup selalu penuh cobaan. Satu persatu bencana mulai merenggut kebahagiaan mereka.

Diawali dengan meninggalnya Ibu Eli, ibu tiri Ana, yang baru kembali dari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, yang membuat Ana memboyong Tino, adik Ana yang pincang, dan Umi, pembantu setia Ana ke Jakarta dan ikut tinggal dirumah Bu Ratna. Bencana tragis lainnya menimpa Arman yang kehilangan istrinya dihari pernihakan mereka. Livia terjatuh dari tangga dan mengalami pendarahan hebat sehingga meninggal seketika.

Ana dan keluarganya menerima semua musibah itu dengan kesadaran penuh, bahwa pasti ada hikmah dibalik semua musibah tersebut. Namun mereka tidak menyadari kalau dibalik semua musibah tersebut ada wajah-wajah lama yang masih menyimpan dendam kesumat kepada mereka, yaitu Hasyim dan Vina, paman dan bibi Adrian yang tetap berniat untuk menguasai semua kekayaan keluarga Adrian. Kali ini mereka dibantu oleh Eva, gadis cantik yang memainkan peranan sebagai istri Arman.

Sejak Livia meninggal, Eva (Imelda Therine) muncul menjadi tempat pelipur lara bagi Arman dan akhirnya menjebak Arman untuk menikahinya. Dimata Arman, Eva adalah wanita lugu yang patut dikasihani dan dilindungi. Namun, setelah Arman mengalami kecelakaan dan lumpuh barulah Arman tahu siapa Eva sebenarnya. Eva mengambil alih perusahaan dan semua aset keluarga Arman. Akibatnya nasib Ana, Adrian dan Ibu Ratna menjadi terlunta lunta. Bu Ratna mengalami stres berat dan berkepanjangan, kini Bu Ratna harus merasakan dan menjalani hidup sebagai orang papa, demikian pula Adrian.

Dalam penderitaan itu, Ana mulai menderita sakit kepala yang cukup berat. Namun dia tidak mau menambah beban keluarganya dan menyimpan rasa sakitnya sampai akhirnya terancam kebutaan bahkan mungkin akan kehilangan nyawanya akibat penyumbatan pembuluh darah diotaknya.

Didalam penderitaan Ana itu, muncullah seorang pria bernama Hendra yang kemudian menjadi sahabat Ana, bahkan menjadi pahlawan dalam kesulitan-kesulitan Ana. Hendra ternyata menginginkan lebih dari sekedar persahabatan, dia berharap Ana sudi memberikan cintanya sebagai balas budi atas semua kebaikan yang diberikannya. Hendra berniat merebut Ana dari Adrian.

Hikmah Season 2 sukses merajai rating program televisi selama tayang di RCTI. Fenomenal!
 

4.Kesetiaan Cinta (SCTV)


Sinetron ini tayang tahun 2009 dengan slot tayang termasuk malam yaitu jam 10 malam. Walau tayang begitu malam, sinetron ini bisa mencapai 204 episode. Sebuah torehan prestasi yang mumpuni tentunya. Dengan soundtrack meminjam lagu Anang Hermansyah yang saat itu baru cerai dari Krisdayanti, Separuh Jiwaku Pergi, semakin membuat sinetron ini melambung.

Harus diakui eksekusi awalnya memang bagus dan tergarap dengan meyakinkan. Namun setelah ratingnya yang terus tinggi, episodenya terus diperpanjang hingga tidak karuan dan akhirnya berakhir di episode ke-204 setelah ratingnya terus turun.

Sekedar catatan saja, sinetron ini mengadaptasi cerita drama Korea berjudul Cruel Temptation yang sempat juga ditayangkan oleh Indosiar.

Karin (Laudya C Bella) menikah dengan Andre (Rama Michael), seorang playboy kelas berat. Mereka tinggal bersama orangtua Andre, Lukman dam Yanti, serta Julia (Poppy Bunga), adik Andre, dan Wulan (Louise Anastasya), adik Lukman yang perilakunya seperti anak usia 10 tahun. Karin hidup menderita di bawah tekanan Yanti (Emma Warokka). Sehari-hari Karin melakukan pekerjaan rumah tangga dan tidak sempat lagi berdandan hingga membuat Andre tidak menghargainya dan justru selingkuh dengan perempuan lain. Namun Karin sangat percaya pada Andre. Karin hanya berharap ia cepat hamil lagi, karena setelah keguguran, dirinya hampir 5 tahun tidak bisa hamil lagi. Kepulangan Agnes (Kirana Larasati), sahabatnya dari Australia yang pernah berpacaran dengan Dimas (Bayu Septi Virguna), kakak Karin, membuat semuanya hancur karena Karin tahu Agnes dan Andre ternyata selingkuh sudah cukup lama sampai mempunyai anak bernama Senta (Gaxel Anyndra Shanie). Rina (Devi Permatasari) dan Firman (Didi Djunaedy), orang tua Karin, dan Dimas syok mendengarnya! Mereka tidak menyangka kalau Agnes yang sudah mereka anggap seperti anak sendiri sampai hati menyakiti Karin. Andre pun tega menenggelamkan Karin di tengah laut padahal Karin sedang hamil muda. Andre mengarang cerita kalau kematian Karin karena bunuh diri.

Di sisi lain Wisnu (Evan Sanders), anak angkat Vera (Yoelitta Pala), mencari Winda (Gracia Indri), anak kandung Vera, yang bunuh diri di laut lantaran cintanya ditolak Wisnu. Wisnu justru menemukan Karin terdampar dan menyelamatkannya. Vera menjadi kasihan setelah mengetahui latar belakang Karin. Ia meminta Karin berubah memakai nama dan status sebagai Winda. Usaha Vera tidak sia-sia. Karin berubah menjadi wanita cantik dan kuat. Karin bekerja di salon Vera. Perlahan, Karin berhasil merebut kembali kebahagiaannya yang telah dihancurkan oleh Agnes. Keluarga Lukman akhirnya mengalami kebangkrutan.

Vera selalu mendukung Karin, karena ia ingin membalas dendam pada Lukman yang ternyata mantan suaminya, dan Wulan adalah anak mereka. Setelah semuanya berlalu Karin menikah dengan Wisnu, namun tabir duka kembali terbuka karena Winda datang, ia ternyata tidak meninggal. Agnes membantu Winda balas dendam pada Karin. Winda dan Wisnu akhirnya menikah dan membuat Karin tersingkir. Namun ternyata Agnes menderita kanker dan akan meninggal. Andre mendampinginya dan Karin membantu Agnes kembali dekat dengan Senta di saat terakhir. Winda perlahan sadar kalau Wisnu tidak mencintainya. Dia akhirnya merestui Wisnu untuk kembali bersatu dengan Karin.

Seperti khasnya sinetron, sempat terjadi pergantian pemain utama. Dikisahkan Wisnu kecelakaan dan harus mengalami operasi plastik dan kemudian muncullah Nino Fernandez yang memerankan tokoh Wisnu. Akhir kisahnya juga berbeda dengan drama Korea Cruel Temptation, Agnes berbaikan dengan Karin dan akhirnya dibawa polisi. Sedangkan dalam cerita aslinya, Agnes dikisahkan meninggal karena bunuh diri.

3.Pengorbanan Anggun (Indosiar)


Sama seperti Kesetiaan Cinta, sinetron ini juga mengadaptasi bebas cerita dari drama Korea Cruel Temptation. Sinetron ini dibintangi oleh Marissa Christina dan Roger Danuarta. Sayangnya pemilihan castnya terbilang jomplang dengan menempatkan Nafa Urbach sebagai ibu kandung Marissa dalam sinetron ini dan penempatan Tia Ivanka dan Choky Andriano sebagai orangtua Hikmal Akbar. Anda bisa membayangkan sendiri betapa ngaconya pemilihan cast dari sinetron ini.

Sinetron ini hanya bertahan 18 episode saja. Indosiar terkesan terburu-buru menamatkan sinetron ini karena ratingnya mulai beranjak masuk 10 besar padahal. Endingnya juga menggantung dan terkesan bukan seperti ending (sepertinya).

 2.Berbagi Cinta (MNCTV)


Sinetron ini menampilkan kembali akting Bunga Citra Lestari di layar kaca setelah cukup lama absen di dunia sinetron. Berbagi Cinta hadir dengan konflik utama istri yang harus merelakan suaminya menikah lagi dengan wanita lain agar bisa melanjutkan keturunannya.

Alfian Kartadirja (Hardy Hartono) dan Alisha (Bunga Citra Lestari) sudah 4 tahun menikah tapi belum juga dikarunia keturunan, karena menurut dokter, Alisha mandul. Kenyataan ini membuat resah Marni (Irene Librawati) ,ibu kandung Alfian, yang sangat merindukan kehadiran seorang cucu untuk meneruskan garis keturunan keluarganya.

Mereka telah berkali-kali mencoba pengobatan, baik modern maupun alternatif, namun tetap saja gagal. Marni lalu mendesak Alfian untuk menikah lagi. Marni bahkan sudah menyiapkan calon istri kedua untuk Alfian, Clarissa (Angel Karamoy) gadis yang cantik, modern dan blak-blakan.


Semula Alisha keberatan dengan rencana Marni ini. Perempuan mana yang mau dimadu? Alfian sendiri menentang rencana ibunya karena ia sangat mencintai Alisha yang menurutnya nyaris sempurna lahir-batin. Tetapi Marni terus mendesak mereka bahkan terus menyindir, Alisha terpaksa mengalah dan membujuk suaminya untuk menuruti saran mertuanya dan menikah lagi.

Dengan tegar, Alisha berusaha ikhlas ‘berbagi cinta’ Alfian dengan Clarissa, meski istri kedua suaminya itu kerap menyakiti dirinya ketika Alfian dan mertuanya tidak melihat. Penderitaan Alisha ini membuat geram Fadel (Fendy Chow), adik Alfian yang sudah menganggap Alisha kakaknya sendiri. Fadel lalu memberitahu keluarga Alisha yang datang dari Australia. Tentu saja adik Alisha, Mutia (Dea Lestari) dan orangtuanya, Pak Suryo (Roy Marten) dan Ibu Sarah (Tri Budiman), keberatan melihat Alisha menderita.

Mereka meminta Alisha bercerai dan pulang ke Australia, tetapi Alisha menolak dan ingin terus menjadi istri Alfian. Apalagi Alisha kemudian tahu kalo Clarissa memiliki motif lain terhadap suaminya. Clarissa sudah pernah menikah dan punya satu anak dari pernikahan sebelumnya. Bahkan Clarissa masih berstatus istri Vino (Fuadin Ready) saat menikahi Alfian. Namun sangat disayangkan, Alisha sulit membongkar kejahatan Clarissa karena kepintaran Clarissa bersandiwara. Belakangan ketegaran Alisha semakin diuji saat Clarissa hamil dan sikap suami dan mertuanya berubah akibat hasutan Clarissa.

Melihat penderitaan Alisha, Fadel dan Mutia, adik Alisha yang ternyata saling cinta, memutuskan untuk membantu Alisha membongkar kedok Clarissa. Bukan sesuatu yang mudah apalagi karena Clarissa punya rencana lain untuk Fadel, yaitu menjodohkan Fadel dengan saudaranya, Cynthia.

Tentu saja Fadel menolak, karena dia ingin menikahi Mutia, meski Marni, yang takut Mutia juga mandul seperti kakaknya, menentang. Hal yang sama juga dikhawatirkan orangtua Mutia yang takut Mutia akan mengalami penderitaan yang sama dengan kakanya. Alisha menolak lamaran Fadel yang ditujukan kepada adiknya itu.

Setelah semuanya terbongkar, Clarissa menggila bersama dengan ibu dan tantenya. Mereka menyuruh orang untuk melenyapkan Alisha, Alfian, Fadel, Mutia sekaligus dengan membakar rumah tempat Alfian disandera. Clarissa mengira mereka semua sudah meninggal. Namun mereka salah karena ternyata semuanya masih hidup. Mereka pun membalaskan dendamnya dengan berpura-pura menjadi hantu dan membuat tidak tenang hidup Clarissa.

1.Istri Yang Dikhianati (MNCTV)


Sinetron ini menampilkan pasangan baru on screen di televisi, Evan Sanders dan Shireen Sungkar. Dikisahkan Yasmin (Shireen Sungkar) bahagia saat menikahi Fadlan (Lian Firman). Namun kebahagiaan itu ternodai saat ternyata Fadlan selingkuh dengan sahabat karib Yasmin, Jessica (Gracia Indri). Jessica pun berusaha menghilangkan nyawa Yasmin dengan segala cara. Hingga suatu saat ia meyakini jika Yasmin memang telah meninggal karena siasatnya.

Raffa (Evan Sanders) ternyata menyelamatkan nyawa Yasmin dan akhirnya merencanakan untuk mengganti identitas Yasmin. Jika tidak demikian, tentunya Jessica akan terus berusaha melenyapkan Yasmin. Dengan beridentitaskan sebagai Saskia, penyanyi cafe, Yasmin pun mendekati Fadlan lagi dan merencanakan pembalasan dendamnya atas segala perbuatan menyakitkan yang telah dilakukan mantan sahabat dan mantan suaminya tersebut.

Sinetron ini masih tayang di MNCTV dengan rating yang terbilang stabil. Setidaknya masih dalam kondisi ditolerir oleh MNCTV karena berhasil mencapai target share sebesar 10 persen. Namun mengingat jam tayangnya yang begitu malam, sulit rasanya untuk sinetron ini meraih simpati lebih banyak penonton lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar