Selasa, 11 Juni 2013

"Queen of Office", Wanita Tangguh Perkasa Yang Serba Bisa


SATU lagi drama Korea yang mengadaptasi cerita dari dorama Jepang. Drama produksi KBS2, Queen of Office, mengadaptasi cerita dari HakenNo Hinkaku atau dikenal juga dengan judul The Pride of Temp. Serial yang tayang tahun 2007 ini di Jepang memperoleh rating yang tinggi dengan average mencapai 20,2 persen. Namun bedanya, Haken No Hinkaku berepisode lebih pendek dengan jumlah hanya 10 episode saja, sedangkan Queen of Office lebih panjang dengan jumlah episode mencapai 16 episode, jumlah standar untuk drama Korea.

Queen of Office juga bertabur cameo yang menyemarakkan serial ini, sebut saja Jung Il Woo, Ko Su Hee, Lee Jong Hyuk, Kim Jong Goo, Han Seung Hyun dan masih banyak lagi. Semasa tayang, serial yang baru habis masa tayangnya ini bersaing ketat dengan drama kolosal milik MBC bertajuk Gu Family Book.Namun Queen Office harus mengakui keunggulan rivalnya dengan selisih tipis. Walaupun begitu, di awal-awal penayangan, Queen of Office juga pernah mengungguli Gu Family Book. Namun di episode-episode selanjutnya, harus diakui jika Gu Family Book telah menyedot banyak penonton di Korea sana.
Y-Jang Company, baru saja mengangkat pimpinan departemen Marketing yang baru. Jang Kyu Jik (Oh Ji Ho) adalah lulusan MBA di Amerika Serikat sehingga bisa menduduki posisi tersebut.  Dalam perjalanan menuju Korea, Kyu Jik duduk di bangku kelas bisnis. Namun di tengah perjalanan, ia mendadak penasaran dengan kursi di kelas utama. Kyu Jik pun nekad memasuki kabin kelas utama dan lantas menemukan sebuah bangku kosong. Tidak berpikir panjang ia lantas terkagum pada fasilitas yang ada di kelas utama tersebut. Ia duduk di kursi yang tidak berpenumpang itu dan mulai mencoba menikmati sajian makanan yang ada. Malangnya, ia tersedak saat memakan kue beras yang ada di sana. Ia lantas terjatuh dan kesulitan bernafas. Untungnya seorang wanita menyelamatkannya dengan melayangkan sebuah pukulan ke perutnya hingga makanan itu langsung turun dari tenggorokan Kyuk Jin.

Hari pertama bekerja, Kyuk Jin terlihat percaya diri dan senang dengan lingkungan pekerjaannya yang baru. Ia juga kembali bertemu dengan teman lamanya Moo Jung Han (Lee Hee Joon). Ia kegirangan saat bertemu dengan wanita yang telah menyelamatkannya di dalam pesawat. Miss Kim (Kim Hye Soo) datang dengan busana formal ke kantornya. Kyuk Jin pun langsung berasumsi jika Miss Kim pastilah petinggi di perusahaan mereka.

Namun alangkah terkejutnya Kyuk Jin saat mengetahui bahwa Miss Kim hanyalah pekerja kontrak 3 bulanan di kantornya. Uniknya lagi, Miss Kim mempunyai buku panduan manual sebagai syarat kontraknya selama bekerja di Y-Jang Company.


Miss Kim bukanlah pekerja kontrak serabutan yang berusaha menjadi karyawan tetap seperti para karyawan kontrak pada umumnya. Ia adalah karyawan kontrak pilihan karena sangat rajin, cekatan dan pandai melakukan berbagai hal. Jam kerjanya adalah dari mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore. Saat jam istirahat makan siang ia akan langsung istirahat, tidak perduli pada pekerjaan apapun lagi. Saat jam pulang, alarm kebanggaannya akan berbunyi dan lantas ia akan langsung pulang.

Hal ini sangat berbeda dengan Jung Joo Ri (Jung Yu Mi) yang selama ini hanya menjadi karyawan kontrak biasa. Joo Ri selalu bertekad untuk diangkat menjadi karyawan tetap. Kepolosannya ini pun dimanfaatkan rekan sekerjanya untuk mengerjakan berbagai pekerjaan mereka. Hasil pekerjaan Joo Ri pun diakui sebagai hasil pekerjaan mereka. Namun suatu kali, Joo Ri menyadari hal ini dan tidak lagi tertipu oleh rekan sekerjanya itu.

Di lain sisi, ada juga asisten Kyuk Jin, Jung Han. Ia adalah sosok pria pemalu dan pendiam. Jung Han juga adalah pria penyabar dan selalu kalem saat bekerja. Hal ini tentu sangat kontras dengan Kyuk Jin. Diam-diam Jung Han menyukai Miss Kim dan berusaha memberikan perhatian lebih pada Miss Kim. Menyadari hal ini, Miss Kim terus menghindar agar tidak terjadi salah paham di antara mereka.
Sementara itu, Kyuk Jin selalu dibuat kesal dengan tingkah Miss Kim yang dianggapnya terlalu profeksionis serta arogan. Kyuk Jin dan Miss Kim pun banyak terlibat duel adu ketangkasan dalam berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Awalnya Miss Kim banyak mengalah pada Kyuk Jin karena tidak ingin mempermalukan sang manajer. Namun semakin ke belakang, Kyuk Jin lah yang justru banyak mengalah.

Ajaibnya sifat Miss Kim ini banyak mengundang kontroversi di perusahaan. Banyak yang menilai jika Miss Kim terlalu kaku dalam pergaulan. Namun prinsip Miss Kim sendiri adalah rekan kantor hanyalah orang yang kebetulan duduk di sampingnya selama bekerja. Di luar itu, teman kantor hanyalah orang asing saja. Miss Kim tidak mau terlibat urusan pribadi dengan teman-teman kantornya itu. Ia pernah punya pengalaman menyakitkan di masa lalu yang menyebabakan kepribadiannya menjadi seperti sekarang.
Miss Kim tidak hanya pandai dalam satu bidang pekerjaan saja. Hampir semua pekerjaan pernah ia lakoni. Hebatnya lagi, ia pun adalah pekerja bersertifikat dalam setiap pekerjaan itu. Miss Kim pernah menjadi kasir, sales woman, supir bus, pengguna kendaraan angkutan berat hingga bidan. Nantinya semua pekerjaan ini akan banyak membantu perusahaan dan rekan-rekan sekerjanya.

Miss Kim pun perlahan mulai luluh dengan sedikit mengabaikan kedisiplinannya. Walau ia berusaha tidak perduli dengan permasalahan teman-teman sekantornya, nyatanya ia malah terlibat banyak membantu permasalahan mereka.

Drama Queen of Office ini memang menyorot banyak permasalahan di kantor. Masalah yang ditampilkan pun beragam dan dekat dengan keseharian di kantor namun dikemas dengan menarik. Ada kisah cinta rekan sejawat yang terjalin secara rahasia karena takut salah satunya dipecat yaitu Koo Young Sik (Lee Ji Hoon) dan Park Bong Hee (Lee Mi Do). Bong Hee yang masih berstatus karyawan kontrak merahasiakan hal ini dari teman-teman kerjanya karena takut kontraknya yang akan berakhir dalam waktu sebulan ke depan tidak akan diperpanjang lagi oleh perusahaan. Tidak ada yang menyangka jika dua sejoli ini menjalin kasih, karena dalam keseharian di kantor, keduanya sering terlihat tidak akur.

Ada juga kisah pekerja yang sudah lama mengabdi di kantor namun sudah berusia lanjut. Ko Jung Do (Kim Ki Cheon) telah mengabdi puluhan tahun lamanya untuk Y-Jang Company. Namun karena grafik penjualan tahunan jatuh dari tahun sebelumnya, maka dirinya terancam dipecat. Apalagi Ko Jung Do sudah berusia lebihd ari setengah abad. Hal ini tentu mengundang reaksi dari pekerja lainnya. Kyuk Jin dan Jung Han berusaha membantu Ko Jung Do agar bisa tetap dipertahankan di perusahaan.

Queen of Office sangat penulis rekomendasikan untuk Anda yang butuh tontonan segar. Berbagai kejadian lucu di drama ini terasa aneh namun tetap bisa membuat tertawa. Romantika kehidupan kantor begitu lekat dan dikemas apik dengan guyon slapstick yang pas.

Pada akhirnya, Kyuk Jin yang senantiasa bermasalah dengan Miss Kim mulai menaruh hati pada wanita hebat tersebut. Siapa yang akan dipilih oleh Miss Kim? Apakah Kyuk Jin atau Jung Han? Lantas bagaimana nasib Joo Ri di kantor? Akankah dia dapat mewujudkan impiannya untuk menjadi karyawan tetap?

Rated : 8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar