Senin, 20 Mei 2013

Wohoo! Jika Malaysia Punya Animasi Upin & Ipin, Indonesia Kini Punya Animasi "Entong'

ANIMASI buatan anak bangsa mulai banyak menghiasi layar tv nasional kita saat ini. Ada Dufan The Defender yang tayang di Indosiar, ada juga Aksi Didi Tikus yang tayang di layar kaca MNCTV. Tentunya sebagai bangsa Indonesia sendiri adalah penting untuk mendukung kemajuan dunia animasi negeri sendiri. Kemeriahan animasi produksi dalam negeri ini akan disemarakkan dengan kehadiran animasi terbaru bertajuk Entong.

Animasi Entong diproduksi oleh MNC Animation, bagian dari MNC Pictures.Penggarapan animasi Entong yang melibatkan para animator muda berbakat ini diharapkan akan ikut menumbuhkan minat dan produktivitas animator Indonesia.  Ratusan pelaku animasi dari Indonesia terlibat dalam produksi karya-karya animasi dunia dan beberapa dari  mereka saat ini tergabung di MNC Animation.

Dibalut komedi khas Betawi yang kaya dengan adegan slapstick, program animasi ini tetap bermuatan kisah realita dan fiksi yang asyik untuk ditonton. Tayangan berdurasi 6 menit ini penuh dengan cerita yang menghibur tapi tetap berkualitas. Salah satu poin penting dari program ini adalah bumbu-bumbu petuah bagi anak-anak dengan cara yang ringan dan tidak menggurui.
Entong mengisahkan kehidupan bocah berusia 10 tahun yang tinggal di salah satu kampung di Jakarta, anak seorang janda bernama Fatimah.  Munculnya karakter Ustad Somad, Mpok Lela,  Mamake dan Memed Cs akan meramaikan kisah animasi Entong. Semua karakter di cerita ini memiliki keunggulan dalam masing-masing perilaku yang selalu berujung kepada tawa, minimal membuat pemirsa tersenyum.

Istimewanya, theme song animasi  ini yang berjudul “Entong” khusus diciptakan oleh Ibu Liliana Tanoesoedibjo dan dinyanyikan oleh Bagas dan Difa Idola Cilik 2013.


KARAKTER TOKOH PADA ANIMASI “ENTONG”


ENTONG
Anak laki-laki  cerdik,  sopan, tidak sombong dan  suka menolong orang lain. Entong juga rajin beribadah, sayang dan patuh kepada ibunya (Fatimah). Bernyanyi, berenang dan membaca buku adalah hobinya. Pecinta kerak telor ini (terutama buatan ibunya), paling suka menyaksikan film Upin Ipin. Bocah yang suka berpetualang ini juga jago matematika dan menggambar.

FATIMAH (IBU ENTONG)
Ibu yang sangat menyayangi putra semata wayangnya, Entong.  Meskipun cerewet, ia seorang perempuan yang baik hati. Pandai  memasak (terutama kerak telor) dan menjahit.  Janda yang suka makan sambel terasi dan lalap pete ini,  naksir berat Ustad Somad. Tak heran ia sangat mencemburui wanita yang mendekati Ustad Somad, seperti Mpok Lela dan Mamake. Fatimah phobia terhadap karet gelang.

USTAD SOMAD
Seorang ustad muda dan bijaksana karena keluasan wawasan dan pengetahuan  agama, Ia  disukai banyak wanta di kampungnya.  Ustad Somad sayang kepada Entong dan tidak suka dengan Memed cs yang suka memusuhi Entong. Pecinta ‘Sinema Bollywood’ di MNCTV ini lebih suka berjalan kaki, karena takut naik ojek dan mabok kalau naik mobil. Diam-diam sebenarnya Ustad Somad jatuh hati pada  Fatimah.

MAMAKE
Wanita asli Tegal dan belum lama tinggal di Jakarta, sehingga  gaya bicaranya sangat medok. Mamake adalah musuh berat Fatimah, karena sama-sama jatuh hati kepada Ustad Somad. Dia sangat memanjakan anak kembarnya, Memed dan Mamad yang bermusuhan dengan Entong. Sangat mengidolakan Sharuk Khan dan Briptu Norman, dan hobi makan ceker ayam. Mamake sangat takut dengan Mpok Lela yang judes.

MPOK LELA
Mpok Lela bawel, hobi bergosip, judes, suka marah-marah dan pelit. Dia adalah salah satu penggemar Ustad Somad, bahkan sampai koleksi pakaian berwarna pink.  Sama seperti Mamake, Mpok Lela juga tidak suka dengan Entong dan Fatimah.  Ibu yang hobi aerobik ini sangat suka makan jengkol.

MEMED CS
Musuh bebuyutan Entong yang suka bikin rencana jahat untuk Entong. Sangat tidak suka dengan Entong, karena selalu kalah pintar.  Suka sekali makan nasi uduk dan lele goreng, serta ngemil. Tidak suka dengan Ustad Somad, karena selalu membela Entong. Meskipun bertubuh besar tapi takut dengan ayam karena pernah dipatok ayam jago. Hobi main bola dan mandi di sungai dan selalu mengendarai sepeda BMX.

SITI
Cewe tomboy dan pemberani  yang kagum akan kecerdasan Entong. Kalau sudah ngomong susah berhenti. Siti suka sekali makan permen karet. Meskipun cs dengan Memed, Siti tidak suka jika mereka keterlaluan mengerjai Entong.

***

Nah, jika Negeri Jiran mempunyai Upin Ipin yang bisa dibanggakan, kenapa tidak dengan Entong yang merupakan salah stau cerita dari negeri tercinta ini.

Entong akan tayang perdana Mulai Rabu 23 Mei 2013 setiap hari Rabu Pkl.17.00 WIB di MNCTV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar