Jumat, 24 Mei 2013

X Factor Indonesia : Novita Tetap Merampok Panggung X Factor, Fatin Shidqia Keluar Jadi Juaranya

MALAM The Result X Factor Indonesia semalam (24/5) yang dilaksanakan di Hall D2 Jiexpo telah berakhir. Acara dibuka dengan medley 11 mantan peserta X Factor yang kemudian dilanjutkan dengan medley penampilan masing-masing peserta.

Dicky adam membuka penampilan medley dengan menyanyikan Smell like teen spirit dari Nirvana. Kemudian berturut-turut tampil Dalagita (My favorite things), Yohana (Sang Dewi), Ilusia Girls (You And I), Agus Hafi (Kiss from a Roses), Alex Rudiart (Locked Out of Heaven), Gede Bagus (Time After Time), Isa Raja (Mr brightside), Shena Malsiana (Aku Bukan Bang Toyib), Mikha Angelo (Ordinary World), Nu Dimension (Don't You Worry Child) dilanjutkan duet sang grand finalis, Fatin dan Novita, yang membawakan lagu Reach milik Gloria Estefan.

Di sesi selanjutnya, Fatin tampil membawakan lagu Well Well Well dari Duffy. Sedangkan Novita membawakan Alone dari Heart. Di sesi solo ini, Novita terlihat mendominasi dengan penampilannya yang memukau saat membawakan Alone. Novita menampilkan kemegahan lagu tersebut dengan dinamika yang pas dan penuh penghayatan. Fatin sendiri tampil dengan percaya diri dan terlihat nyaman dengan panggung yang ada. Dari sesi solo ini, penulis harus jujur mengatakan jika Novita di atas Fatin.
Di sesi duet. Fatin dan Mikha Angelo yang sedang dikabarkan 'dekat' tampil berdua membawakan lagu Good Time dari Carly Rae Jepsen dan Owl City. Dalam penampilan ini, Mikha terlihat nyaman dengan nada yang ada, sementara untuk Fatin sendiri terlalu rendah. Sehingga duet Fatin dan Mikha terasa kurang ngegigit saat diharmonisasikan secara bersamaan. Novita dan Alex yang cintanya bersemi di panggung X Factor Indonesia tampil berdua membawakan lagu Just Give Me a Reason milik Pink. Keduanya tampil secara all out dan selaras saat membawakan lagu ini. Chemistry yang terjalin pun cukup mumpuni, terlebih lagi mereka memang sedang menjalin hubungan. Dari sesi duet ini, Novita dan Alex jelas unggul.

Setelah jeda iklan, Anggun C Sasmi dan anak didiknya tampil membawakan lagu secara medley. Dicky Adam membawakan Still Reminds Me, dilanjutkan Gede Bagus yang membawakan Mantra dan Mikha Angelo dengan Hanyalah Cinta, serta disambar Anggun dengan hitsnya yang berjudul Stronger. Setelah itu, Anggun and The Boys membawakan lagu Tua-Tua Keladi milik Anggun sendiri yang pernah populer di era tahun 1990-an.

Segmen selanjutnya menampilkan para kontestan Funny Factor yang pernah membuat penonton tertawa di saat sesi audisi. Ale Gile membawakan lagu Jatuh Cinta Lagi, dilanjutkan Adi Dharma dengan Dang Ding Dung, Nenek Nurjanah dengan Don't Let Me Down, dan ditutup dengan kocak oleh Wahyu Galaxy yang tampil ala Lady Gaga dengan membawakan medley lagu Lady Gaga itu sendiri.

Sebelum pengumuman dimulai, para mentor tampil secara bergantian. Uniknya, para mentor menyanyikan lagu milik mentor lainnya. Ahmad Dhani menyanyikan lagu Sadis ciptaan Bebi Romeo, Bebi Romeo membawakan lagu Ayat-Ayat Cinta milik Rossa, dan ditutup Anggun yang membawakan lagu Risalah Hati milik Ahmad Dhani. Saat membawakan lagu tersebut, Anggun terdiam sebentar karena ada masalah teknis. Walaupun demikian, Anggun tetap melanjutkan penampilannya sambil sesekali dibantu Ahmad Dhani.

Tiba saatnya pengumuman. Secara mengejutkan Fatin Shidqia Lubis keluar sebagai juara X Factor Indonesia yang pertama. Bukan hanya penulis yang terkejut ternyata, Fatin bahkan sama terkejutnya dan ekspresinya menunjukkan kekagetannya akan kemenangannya. Dengan berbesar hati, Novita pun memeluk Fatin yang keluar sebagai sang juara.

Dari segi teknik Fatin mungkin masih di bawah Novita, namun Fatin amat menjual dari segi komersialitas. Suara serak-seraknya yang khas mampu membetot perhatian penikmat musik Indonesia. Terbukti single kemenangannya yang bertajuk Aku Memilih Setia menduduki peringkat teratas versi i-tunes saat pertama kali dikeluakan. Congrats Fatin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar